Kompas.com - 03/06/2017, 07:00 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Kondisi emosional negatif seperti marah, kesal, dan galak tak hanya dimiliki oleh orang dewasa. Kenyataannya, anak-anak pun memiliki kemampuan mengekspresikan emosi serupa.

Umumnya, anak-anak meluapkan rasa kesal dengan cara mengamuk, galak, menjerit, atau menangis dramatis.

Jika buah hati Anda sering mengalami kondisi yang demikian, maka sebaiknya jangan langsung menghukum atau berbalik marah.

Menurut para pakar dari Gottman’s Institute, orangtua bisa memanfaatkan emosi negatif pada anak-anak itu sebagai alat untuk berkomunikasi lebih mendalam.

Pandanglah bahwa anak yang berulah kurang baik sebagai kesempatan untuk memahami perasaan anak, menyembuhkan, dan mengembangkan anak menjadi pribadi yang lebih baik.

Anak-anak belum memiliki kemampuan untuk memahami bahwa tangisan dan dorongan amarah dari dalam diri adalah bentuk frustrasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jadi, orangtua yang harus memberikan penjelasan dan bimbingan pada anak untuk mengelola emosional negatif tersebut.

Gottman’s Institue dalam laporannya menyarankan agar orangtua jangan menghukum atau mendisiplinkan anak dengan berlebihan.

Sebab, emosi negatif pada anak bukan merupakan ketidawajaran. Sebenarnya, jika Anda mendapatkan pola asuh yang benar, maka kebiasaan suka marah dan mengamuk bisa hilang seiring usia.

Menghukum anak dengan memukul atau berteriak, menurut Gottman’s Institute, akan membuat si kecil merasa tidak dihargai dan mengirimkan pesan bahwa memiliki emosi itu buruk dan memalukan.

Persepsi yang demikian bisa mencederai tumbuh kembang anak yang memengaruhi masa depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.