Tenangkan Pikiran untuk Penurunan Berat Badan yang Lebih Efektif

Kompas.com - 05/06/2017, 06:10 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Meditasi dan menenangkan diri ditemukan sangat efektif untuk menurunkan berat badan ketimbang makanan sehat dan olahraga.

Kesimpulan tersebut diperoleh dari studi yang dilakukan oleh North Carolina State University.

Studi membagi responden menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama, responden mengonsumsi makanan dengan menu diet yang mereka rancang sendiri. Kelompok kedua, menerapkan meditasi dengan diet seimbang.

Hasilnya, kelompok yang bermeditasi kehilangan 1,9 kilogram, sedangkan kelompok pertama hanya kehilangan 0,3 kilogram.

Para periset merasa terkejut mengenai dampak meditasi pada proses penurunan berat badan. Mereka menganggap hasil temuan ini bisa menjadi solusi alternatif untuk mengatasi obesitas.

Obesitas meningkatkan penyakit kronis seperti darah tinggi, diabetes tipe 2, dan penyakit kardiovaskular.

Meditasi bisa menjadi salah satu strategi manajemen berat badan yang menekankan kombinasi diet, aktivitas fisik, pengurangan asupan energi, dan peningkatan pengeluaran energi untuk mencegah penambahan berat badan.

Tujuan dari studi ini adalah untuk mempelajari efektivitas program makan sehat, banyak bergerak, diet, dan meningkatkan kesadaran pola makan yang benar.

Kemudian, untuk membenarkan teori bahwa meditasi bisa membantu penurunan berat badan, maka para peneliti meminta responden untuk mengikuti kelas virtual dari ponsel pintar dan komputer.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Daily Mail

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X