Kompas.com - 05/06/2017, 11:29 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Setiap orang membutuhkan dukungan dan nasihat mengenai pengembangan karier di masa mendatang, tetapi pastikan jangan mencarinya dari rekan kerja.

Sebuah riset mengungkapkan bahwa saran dan nasihat mengenai karier terburuk datang dari sahabat serta keluarga. Apa pasal?

Riset tersebut menyebutkan bahwa kebanyakan sahabat dan keluarga memiliki ikatan perasaan sehingga opini serta saran yang diungkapkan acap kali tidak jujur dan objektif.

Kondisi tersebut wajar saja karena sahabat sejati dan keluarga selalu menginginkan yang terbaik untuk Anda dan tidak mau membuat Anda terluka atau tersinggung.

Namun, pilihan menjaga perasaan tersebut bisa membuat Anda pun jadi kurang rasional dalam menentukan laju atau pengembangan karier.

Selain itu, riset juga mengatakan bahwa rekan kerja merupakan sumber terburuk mengenai saran atau nasihat seputar urusan karier Anda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebanyak 35 persen responden dalam riset mengaku bahwa masukan karier dari sahabat dan keluarga justru menggelincirkan pada arah yang kurang baik.

Studi juga merilis informasi bahwa ada satu anggota keluarga yang merupakan tempat terbaik dalam berbagai nasihat berkarier, yaitu suami atau istri.

Riset menunjukkan bahwa hanya satu persen responden yang memiliki pengalaman buruk terkait mengikuti nasehat karier dari suami atau istri. Lalu, sisanya mengaku bahwa karier mereka semakin baik ketika mengikuti saran suami atau istri.

“Anda sedang mencari kerja atau sudah berpengalaman. Setiap karyawan memiliki rencana untuk mengembangkan karier dan menyusun strategi agar bisa tercapai. Jadi, wajar saja Anda meminta saran dari orang-orang terdekat,” jelas Mike Steinits, seorang eksekutif direktur di Accountemps.

Steinits menjelaskan bahwa keluarga dan sahabat memiliki niatan baik pada diri Anda tetapi terkadang hal itu menyembunyikan kebenaran demi menjaga perasaan Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.