Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/06/2017, 12:00 WIB
Iwan Supriyatna,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sosok ayah memiliki peran istimewa dalam perkembangan emosional anak perempuannya. Ketika anak dewasa, umumnya mereka mencari sosok pria yang mirip dengan sifat dan karakter ayahnya. Apalagi, jika sang ayah mampu menunjukkan kasih sayangnya yang besar.

Ikatan batin yang kuat antara ayah dan anak perempuan tidak terjadi dalam waktu singkat. Hubungan ini perlu dibangun sejak anak masih dalam kandungan dengan terlibat aktif dalam pengasuhan.

Bagi para ayah, berikut adalah 7 perlakuan khusus yang perlu ditunjukkan kepada "gadis kecilnya":

1. Tunjukan rasa cinta Anda kepada ibu yang telah melahirkannya.

Hal penting yang dapat dilakukan seorang ayah adalah menunjukan rasa cinta kepada istri atau ibu anak-anaknya. Kenangan indah ini akan terus membekas pada memori anak, terutama anak perempuan. Anak juga akan mendapat gambaran tentang bagaimana seorang laki-laki seharusnya memperlakukan perempuan.

2. Luangkan waktu.

Lakukan kegiatan yang menurutnya menarik. Jangan merasa malu untuk tampil memalukan seperti ikut menari-nari di hadapannya atau membantunya mengepang rambut.

3. Ajarkan anak perempuan untuk menjaga dirinya.

Anak-anak merupakan korban kekerasan seksual yang rentan karena mereka dianggap tidak bisa membela diri.  Tindakan pencegahan terbaik adalah mengajari anak perempuan tentang privasi dan batasan-batasan tubuh mana yang tidak boleh disentuh oleh siapa pun terkecuali oleh ibunya.

4. Berbagi cerita

Jadilah pendengar yang baik, karena umumnya anak perempuan memang senang bercerita. Jangan langsung menghakimi dan beri tanggapan positif jika anak melakukan sesuatu yang baik. Dengan demikian anak akan merasa nyaman untuk bersikap terbuka.

5. Beri dukungan

Dukunglah kegiatan-kegiatan positif anak dengan ikut menghadiri acaranya.  Mereka akan sangat bangga jika orangtuanya menyaksikan apa yang akan dan telah dilakukannya. Anak perempuan Anda sangat menantikan respon baik atau penghargaan dari Anda.

6. Katakan padanya bahwa dia terlihat cantik.

Ungkapkan pujian kepadanya, terutama ketika anak sering merasa tidak percaya diri dengan bentuk tubuhnya. Ketika Anda mengatakan hal itu, percaya diri anak perempuan Anda akan semakin meningkat. Dia pun akan semakin aktif melakukan akitivitasnya di sekolah maupun di rumah. Namun, pujian juga harus diberikan pada hal-hal yang tak terkait fisik, seperti sifatnya yang ramah dan suka membantu, atau kerajinannya belajar.

7. Latih mandiri

Anak perempuan juga perlu diajari untuk menjadi tangguh. Anda bisa memberikan contoh cara-cara memecahkan masalah sederhana di rumah, misalnya memperbaiki sepeda.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kind of Life (@my.kindoflife)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com