Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/06/2017, 16:51 WIB
Wisnubrata

Penulis

Banyak pria berharap bisa memiliki cambang dan jenggot lebat agar penampilannya menjadi lebih maskulin. Namun mendapatkannya ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Tidak semua orang, karena faktor genetis, berkesempatan menumbuhkan bulu-bulu di wajahnya.

Bila pun memiliki kumis dan jenggot, seringkali tumbuhnya tidak lebat sehingga menyisakan ruang-ruang kosong. Selain itu, cambang yang menghiasi pipi hingga dagu dan menyambung dengan jenggot jarang dimiliki orang-orang Asia.

Meski demikian, ada cara untuk mengusahakan agar rambut-rambut di wajah itu tumbuh lebih baik. Tentu jangan berharap dalam semalam Anda bisa berpenampilan seperti Connor McGregor. Semua itu masih tergantung pada faktor genetis.

Hal yang paling penting dalam menumbuhkan rambut di wajah Anda adalah nutrisi. Artinya apa yang Anda makan berpengaruh pada pertumbuhan dan kesehatan rambut muka. Air dan makanan yang kaya vitamin B, vitamin C, zinc, zat besi, dan omega 3 memberikan nutrisi yang diperlukan rambut untuk tumbuh.

Selain itu, seperti halnya rambut di kepala kita, kondisi stres bisa menghambat pertumbuhan rambut, bahkan membuatnya rontok. Agar itu tidak terjadi, maka hindarkan diri kita dari stres, cukup tidur, berolahraga agar pikiran menjadi tenang dan hormon testosteron naik, serta sediakan waktu untuk rileks.

Juga, seperti halnya rambut di kepala kita, cambang dan jengot juga harus dirawat. Mencucinya dengan sampo sekali atau dua kali seminggu serta menyisirnya akan merangsang kulit di bawahnya untuk menghasilkan rambut yang lebih tebal dan sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com