Kompas.com - 06/06/2017, 17:00 WIB
Ilustrasi generasi millenial thikstockphotosIlustrasi generasi millenial
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Istilah "statusmu harimaumu" menjadi relevan belakangan ini. Apa yang kita unggah di media sosial merupakan cerminan diri kita dan bisa dilihat siapa saja. Karena itu, bijaksanalah menggunakan media sosial.

Setelah ramai kasus persekusi dan pemecatan seorang karyawan karena komentarnya di media sosial, muncul lagi berita mengenai calon mahasiswa yang ditolak Universitas Harvard gara-gara unggahannya di Facebook.

Dikutip dari fortune.com, Universitas Harvard membatalkan tawaran penerimaan masuk 10 calon mahasiswa baru tahun ajaran 2021. Calon mahasiswa tersebut diketahui saling mengirim meme dan gambar lain yang mengejek serangan seksual, Holocaust, dan kematian anak-anak.

Selain itu, di kelompok Facebook tersebut mereka juga diketahui membuat candaan tentang etnis atau ras tertentu.

Kelompok Facebook yang dimaksud muncul setelah beberapa siswa pada bulan Desember lalu membuat versi cabul dari kelompok Facebook lain yang ditujukan untuk membuat meme lucu.

Para siswa di kedua kelompok bertemu satu sama lain melalui sebuah kelompok Facebook resmi yang dikelola oleh Harvard untuk siswa yang baru diterima.

Harvard tidak menjelaskan keputusan pembatalan tawaran penerimaan masuk mahasiswa baru tersebut.  

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, kebijakan sekolah menyatakan bahwa Harvard berhak menarik tawaran penerimaannya jika "siswa yang diwawancarai melakukan perilaku yang bisa dipertanyakan kejujurannya, kedewasaan, atau karakter moralnya,".

Keputusan universitas Ivy League ini mendapat apresiasi positif dari netizen. Di Twitter, netizen kebanyakan mendukung Harvard dan mengingatkan pentingnya bersikap hati-hati dan bijaksana di media sosial.

Walau begitu, tak sedikit pihak yang menyebut Harvard bersikap berlebihan pada sebuah meme yang dibagikan di kelompok Facebook tertutup.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.