Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/06/2017, 23:12 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Jangan tertipu oleh kemewahan: jam tangan lahir di medan perang, bukan di ruang rapat. Namun meski kini lebih banyak arloji dipakai di tempat yang jauh dari desingan peluru, beberapa di antaranya masih menyisakan darah militer lewat desainnya.

Co-founder perusahaan jam tangan Bremont, Nick English, menuturkan, bila ditelusuri sejarahnya, jam tangan mulai terlihat dikenakan pada sekitar tahun 1890-an, tepatnya oleh anggota angkatan laut Jerman.

Saat itu mereka memakai jam tangan model saku yang dililit ke pergelangan tangan. Kemudian model tersebut mulai berkembang menjadi jam tangan dengan model timepiece, di mana ketepatan waktu merupakan elemen penting dalam perang.

Meskipun 'arena perang' saat ini --dari rumah Anda ke kantor atau pun ke lokasi rapat-- bukan tempat mempertaruhkan hidup atau mati, Anda tetap memerlukan arloji agar tidak terlambat, selain juga berfungsi melengkapi penampilan Anda.

"Keakuratan dan daya tahan jam tangan tetap menjadi hal yang penting, dan perangkat yang dulu dirancang untuk situasi militer ini masih sangat sesuai dengan kehidupan modern," kata English.

Kini ada sangat banyak jam tangan yang desainnya masih berbau militer. Di antaranya ada 8 yang dipilih Fashion Beans untuk ditampilkan.

1. Bell & Ross BR03-92 Military Type 42mm Ceramic

Simon Spiteri, salah satu penggemar Bell & Ross mengatakan jam tangan ini terinspirasi dunia penerbangan, dan dirancang khusus dengan fitur di dalam kokpit seperti indikator  bercahaya agar jam tangan terlihat lebih jelas.

Bell & Ross Bell & Ross BR03-92 Military Type 42mm Ceramic

2. Cartier Tank MC

Bisa dibilang jam tangan ini memiliki sejarah yang kental. Head of ritel Watchfinder, Alex Stonely, mengatakan jam tangan model ini dibuat pada tahun 1917, di mana si pembuat, Louis Cartier terinspirasi oleh mesin perang yang dilihatnya saat Perang Dunia I.

"Desain jam fungsional, dengan lugs (bagian jam untuk memasang tali atau strap) menjadi satu dengan case (kepala jam tangan). Umumnya di era saat itu bagian tersebut diganti dengan kawat sederhana," kata Stonely.

Cartier Cartier Tank MC

3. IWC Pilot’s Watch Mark XVIII Top Gun Miramar

Philipp Man, co-founder Chronext, mengatakan IWC Pilot merupakan jam tangan militer, yang dirancang bersama sekolah tempur Marine Corps Air Station Miramar di California. "Kepala jam tangannya terbuat dari bahan keramik berteknologi tinggi, dengan lapisan titanium pada crown dan pushers," kata Man.

IWC IWC Pilot’s Watch Mark XVIII Top Gun Miramar

4. Longines Heritage

Pendiri Twisted Trailer, Alan Moore, mengatakan ada perbedaan dari Longines Heritage dengan jam militer lainnya. "Kebanyakan jam dengan model ini terlihat terlalu maskulin, namun Longines Heritage terlihat sederhana karena diameternya yang kecil dan gaya yang netral," kata dia.

Longines Longines Heritage

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com