Kompas.com - 06/06/2017, 23:12 WIB
Jam militer NorGalJam militer
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Jangan tertipu oleh kemewahan: jam tangan lahir di medan perang, bukan di ruang rapat. Namun meski kini lebih banyak arloji dipakai di tempat yang jauh dari desingan peluru, beberapa di antaranya masih menyisakan darah militer lewat desainnya.

Co-founder perusahaan jam tangan Bremont, Nick English, menuturkan, bila ditelusuri sejarahnya, jam tangan mulai terlihat dikenakan pada sekitar tahun 1890-an, tepatnya oleh anggota angkatan laut Jerman.

Saat itu mereka memakai jam tangan model saku yang dililit ke pergelangan tangan. Kemudian model tersebut mulai berkembang menjadi jam tangan dengan model timepiece, di mana ketepatan waktu merupakan elemen penting dalam perang.

Meskipun 'arena perang' saat ini --dari rumah Anda ke kantor atau pun ke lokasi rapat-- bukan tempat mempertaruhkan hidup atau mati, Anda tetap memerlukan arloji agar tidak terlambat, selain juga berfungsi melengkapi penampilan Anda.

"Keakuratan dan daya tahan jam tangan tetap menjadi hal yang penting, dan perangkat yang dulu dirancang untuk situasi militer ini masih sangat sesuai dengan kehidupan modern," kata English.

Kini ada sangat banyak jam tangan yang desainnya masih berbau militer. Di antaranya ada 8 yang dipilih Fashion Beans untuk ditampilkan.

1. Bell & Ross BR03-92 Military Type 42mm Ceramic

Simon Spiteri, salah satu penggemar Bell & Ross mengatakan jam tangan ini terinspirasi dunia penerbangan, dan dirancang khusus dengan fitur di dalam kokpit seperti indikator  bercahaya agar jam tangan terlihat lebih jelas.

Bell & Ross Bell & Ross BR03-92 Military Type 42mm Ceramic

2. Cartier Tank MC

Bisa dibilang jam tangan ini memiliki sejarah yang kental. Head of ritel Watchfinder, Alex Stonely, mengatakan jam tangan model ini dibuat pada tahun 1917, di mana si pembuat, Louis Cartier terinspirasi oleh mesin perang yang dilihatnya saat Perang Dunia I.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.