Kompas.com - 07/06/2017, 21:15 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Seks yang dahsyat selama ini dianggap hanya milik orang-orang muda saja. Nyatanya, seks terbaik justru terjadi di usia matang.

Kepuasan seksual terkait erat dengan kepercayaan diri dan kenyamanan emosi. Itu sebabnya, beberapa penelitian terbaru menyimpulkan bahwa usia di atas 30 tahun merupakan "masa emas" kepuasan seksual.

Dalam survei yang dilakukan oleh Natural Cycles, aplikasi kontrasepsi tersertifikasi, terungkap bahwa wanita mengalami orgasme terbaiknya di usia 36 tahun.

Survei itu juga menyebutkan bahwa orgasme, perasaan menarik, dan seks yang memuaskan, makin bertambah usia justru semakin meningkat. Terutama pada wanita berusia 36 tahun ke atas.

Wanita berusia akhir 30-an memiliki skor 10 persen lebih tinggi dalam hal kepercayaan diri dan citra tubuh. Sekitar 6 dari 10 wanita mengakui mengalami orgasme dahsyat dan terbaik. Ini jauh lebih tinggi dibanding wanita dari kelompok lebih muda, yakni usia 23 tahun ke atas.

Sekitar 9 dari 10 wanita di usia matang juga mengatakan mereka berhubungan seks dan menikmatinya pada empat minggu terakhir, dibandingkan dengan kelompok usia 23-36 yang menjawab sama hanya 7 dari 10 orang.

"Meski wanita berusia di atas 35 tahun frekuensi seksnya tidak sebanyak yang lebih muda, tetapi mereka lebih sering mengalami orgasme dan kualitasnya lebih baik," tulis Natural cycles dalam situsnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam hal puncak kepuasan seks, 5 dari 10 wanita di usia 20-an yang mengatakan mencapai orgasme.

Sementara itu, frekuensi bercinta para wanita itu bervariasi pada semua kelompok umur. Sepertiga wanita yang disurvei mengatakan mereka berhubungan seks dua kali seminggu dan seperlima mengaku melakukannya tiga kali seminggu.

Sekitar satu dari tiga wanita berharap pasangannya memberikan sesi bercinta yang lebih lama. Tetapi, satu dari lima wanita merasa ingin menyudahinya lebih cepat.

Survei itu dilakukan pada 2.600 wanita menggunakan kuesioner metolodi standar McCoy Female Sexuality Questionnaire. Metode ini dibuat untuk mengukur aspek seksualitas wanita yang dipengaruhi oleh perubahan kadar hormonal.

Hormon estrogen, progesteron, dan testosteron, berperan besar dalam libido wanita. Kadar estrogen biasanya menurun selama perimenopause.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.