Kompas.com - 08/06/2017, 17:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kilau berlian memang luar biasa memikat. Selama ini berlian yang lebih dikenal umum adalah berlian yang jernih dan tak berwarna. Padahal, bumi kita juga menyediakan berlian dengan warna-warna indah.

Menurut Devi Cahyadi, Procurement & Merchandising Manager of Colored Stone Mondial, berlian memiliki dua kategori besar, yaitu Colorless Diamond dan Fancy Colored Diamond.

Berlian berwarna tergolong langka, terutama warna-warna unik seperti oranye, pink, dan merah. Khusus untuk berlian merah, biasanya hanya dijadikan koleksi dan dijual di rumah lelang.

"Warna berlian yang paling banyak dihasilkan bumi adalah yang tidak berwarna, warna kuning dan cokelat. Setiap tambang bisa menghasilkan warna bermacam-macam, tetapi ada yang warnanya kuat, ada yang kurang intens," kata Devi dalam acara Private Viewing Precious Stone, Colored Diamond & Pearl dari Mondial di Jakarta (6/6/2017).

Warna kuning berasal dari kandungan nitrogen, selain karbon, pada berlian. "Nitrogen yang menghasilkan warna kuning. Tapi, tidak semua warna kuning sama, ada yang kadarnya sedikit, ada yang banyak," ujar Devi.

Ia menambahkan, koleksi terbaru dari Mondial berupa berlian berwarna dipilih dari material terbaik dengan saturasi warna yang kuat.

"Warna berlian dari koleksi terbaru ini sangat intens dan vivid. Dalam hal berlian berwarna, makin banyak saturasi warnanya, makin bagus juga warnanya, sehingga harganya makin mahal dan bernilai tinggi," katanya.

Sebagai perusahaan ritel berlian, Mondial memperkenalkan koleksi perhiasan dengan batu tengah berlian kuning mulai dari anting, cincin, kalung, dan gelang. Semua kolesi ini memiliki sertifikat GIA (Gemological Institute of America). Lembaga tersebut merupakan salah satu laboratorium professional yang dipercaya di dunia dalam mengeluarkan sertifikat berlian.

Kompas.com/Lusia Kus Anna Cincin dengan berlian kuning yang bersertifikasi GIA dari Mondial.
Devi mengatakan, saat ini Mondial memperkenalkan berlian kuning untuk memberikan pengalaman baru pada pecinta berlian di Indonesia.

"Saat ini belum banyak yang konsumsi fancy colored diamond. Tapi, sejauh ini minatnya cukup tinggi. Walau begitu, terlalu dini untuk disimpulkan apakah market di sini suka," ujarnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.