Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2017, 17:36 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Berlian merupakan perhiasan yang bernilai tinggi. Satu set perhiasan berlian, mulai dari kalung, cincin, anting-anting, hingga gelang, nilainya bisa mencapai milyaran rupiah. Meski begitu, koleksi berlian mungkin tidak tepat dijadikan investasi.

Menurut Yogi Siswantoro, Brand Manager Mondial Jeweler, merek perhiasan berlian premium, karena keindahannya berlian lebih tepat dianggap sebagai koleksi dan perhiasan semata.

"Harganya memang tinggi dan bentuknya klasik sehingga bisa dipakai terus menerus. Berlian adalah investasi untuk diteruskan ke generasi berikut," ujar Yogi dalam acara Private Viewing Koleksi Precious Stone, Colored Diamond & Pearl dari Mondial di Jakarta (6/6/2017).

Ia mengatakan, kebanyakan penggemar berlian menilai berlian dari keindahannya sehingga lebih suka dikoleksi dan dipakai untuk menunjang penampilan.

"Dibanding emas batangan, harga berlian kurang stabil. Sebab pada tahun 2003 lalu harganya sempat drop lumayan karena krisis global," ujarnya.

Kendati demikian, menurut Yogi, dibandingkan perhiasan berbentuk emas, nilai perhiasan bertahtakan berlian lebih tinggi dan lebih stabil.

"Kalau ingin koleksi dan investasi, sebaiknya pilih berlian yang beratnya di atas satu karat. Ini sering jadi pilihan konsumen kami karena uangnya aman di situ, dan perhiasannya bisa dipamerkan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com