Kompas.com - 09/06/2017, 07:00 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Kreativitas tidak dimiliki oleh orang-orang tertentu saja. Faktanya, setiap orang punya peluang untuk mengembangkan kreativitas selama diiringi dengan keinginan untuk terus belajar.

Salah satu cara untuk mengasah kreativitas adalah jangan terlalu berkonsentrasi pada penyelesaian sebuah proyek kerja. Sebaliknya, Anda justru dianjurkan untuk mengambil waktu rehat beberapa kali agar pikiran kembali rileks.

Jonah Lehrer, penulis buku How Creativity Works, mengeksplorasi daya pikir inovatif yang bisa mengembangkan potensi otak kanan (pusat kreativitas) sehingga fungsinya lebih maksimal.

Menurut Lehrer, ketika seseorang mengurangi intensitas konsentrasi dalam bekerja membuat tekanan pada otak kiri yang bisa memicu stres dan membatasi imajinasi akan menurun alamiah.

Kondisi itu membuat kerja otak kanan dalam mencari dan membentuk ide menjadi lebih optimal.

“Coba ingat kembali, Anda pasti sering mendapatkan ide yang brilian atau unik ketika sedang menikmati mandi air hangat di bawah pancuran. Hal ini karena otak Anda dalam fase tenang dan tidak banyak berpikir,” jelas Lehrer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karena itu, Lehrer pun menyarankan, agar perusahaan terutama industri kreatif untuk memberikan karyawan waktu istirahat lebih dari satu kali, misalnya, siang dan sore hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Inc.com

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.