Kompas.com - 09/06/2017, 15:00 WIB
Berwisata dengan anak-anak dengan keliling naik mobil. ShutterstockBerwisata dengan anak-anak dengan keliling naik mobil.
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Berpergian membawa bayi menggunakan kendaraan pribadi memang tak mudah. Bayi yang rewel atau menangis di pertengahan perjalanan adalah salah satu tantangan yang harus dihadapi.

Jika Anda dan keluarga memiliki rencana mudik menggunakan mobil dengan bayi atau balita, lakukan beberapa persiapan, diawali dengan menyiapkan barang-barang yang wajib ada di mobil.

1. Popok dan baju cadangan

Kedua hal ini berada di urutan pertama persiapan mudik dengan balita. Bawalah stok popok dan baju cadangan lebih banyak dari biasanya. Bukan hanya ngompol, bayi juga mudah muntah karena mabuk perjalanan.

2. Makanan

Sebagai sumber energi, makanan dan minuman jangan sampai kekurangan. Apalagi, selama musim mudik biasanya kita harus antri lama di tempat peristirahatan. Makanan yang cukup juga bisa membuat kita merasa tenang jika menghadapi kemacetan parah. Selain makanan sumber karbohidrat, bawalah buah-buahan segar untuk mengurangi mual.

3. Termos

Siapkan termos kecil yang bisa menyimpan air panas dalam waktu lama. Selain untuk keperlukan makan dan minum bayi, air panas juga berguna untuk membuat minuman penahan kantuk bagi pengendara.

4. Peralatan makan bayi

Peralatan makan bayi memang tidak bisa disamakan dengan orang dewasa. Persiapkan beberapa piranti makannya juga untuk persiapan di kampung halaman. Selain sendok atau gelas, bawalah juga alat steril alat makannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber BRIT.CO
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X