Kompas.com - 10/06/2017, 12:23 WIB
Menghitung kalori makanan MartininaMenghitung kalori makanan
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Hanya mereka yang pernah melakukan upaya penurunan berat badan saja yang paham sulitnya mengurangi asupan kalori.

Makanan tidak sehat lebih mudah didapat dan sulit mencari waktu untuk berolahraga. Upaya diet untuk melangsingkan badan pun lebih sering berakhir dengan kegagalan.

Teknologi seperti aplikasi di gawai bisa membantu kita mendapatkan pedoman untuk mulai menjaga asupan makanan. Sebagian besar aplikasi memudahkan kita untuk lebih disiplin olahraga, menghitung kalori, dan juga mendapat informasi tentang kandungan nutrisi suatu makanan.

Berikut adalah beberapa aplikasi diet terbaik, menurut situs healthline.com.

1. Ideal Weight
Ruang praktek dokter bukan satu-satunya tempat untuk mengetahui indeks massa tubuh (IMT) yang ideal untuk kita. Kini ada aplikasi untuk menghitungnya. Ideal Weight akan menghitung IMT berdasarkan tinggi dan berat badan Anda. Kita juga bisa mengetahui estimasi berat badan ideal yang perlu dicapai.

Tersedia di Android, bisa diunduh gratis.

2. Colorie Counter & Diet Tracker oleh MyFitnessPal
Menghitung asupan kalori penting untuk menjaga kita tetap berada di rel yang benar untuk menurunkan berat badan. Namun, tak mudah menghitung asupan kalori. Aplikasi The Calorie Counter & Diet Tracker oleh MyFitnessPal memudahkan kita melakukannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aplikasi ini memiliki database lebih dari 5 juta makanan sehingga kita tinggal memasukkan namanya dan mengetahui kandungan kalorinya. Aplikasi ini juga menghubungkan kita dengan beberapa aplikasi kebugaran dan device sehingga datanya mudah dipindahkan.

Tersedia di Android dan iPhone, bisa diunduh gratis.

3. Lose It!
Aplikasi ini akan membuatkan rencana penurunan berat badan berdasarkan informasi yang kita masukkan. Kita juga bisa melacak makanan yang sudah diasup dan olahraga yang dilakukan. Kita juga bisa mendapat informasi tentang nutrisi dalam makanan.

Tersedia di iPhone dan Android, bisa diunduh gratis.

4. Weight Watchers
Aplikasi ini akan membuat program penurunan berat badan lebih mudah dipantau. Anda juga bisa berbagi program dengan komunitas yang memakai aplikasi Weight Watcher. Sebagai tambahan, kita juga bisa berbagi foto kemajuan usaha penurunan berat badan dan juga foto makanan favorit, tentunya yang sehat.

Tersedia di iPhone dan Android, bisa diunduh gratis.

5. Nike+ Run Club
Nike+ Run Club membantu kita tetap termotivasi dengan cara membagikan catatan lari kita dan tingkat kemajuan yang dicapai. Aplikasi ini akan mencatat perolehan waktu saat lari dan memberikan masukan. Uniknya, kita bisa mendapat inspirasi dari atlet lari terkenal.



Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.