Kompas.com - 11/06/2017, 08:00 WIB
Ilustrasi pria THINKSTOCK.COMIlustrasi pria
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com –  Mencari pasangan ideal bukan perkara mudah. Sebab, Anda tidak akan pernah tahu mengenai itikad dan karakter seseorang sampai Anda benar-benar dekat dengan mereka.

Lalu, apa yang terjadi ketika Anda resmi berpasangan dan karakter-karakter buruk si dia pun mulai terkuak? Tentu saja, Anda merasakan penyesalan.

Mendapati bahwa pasangan Anda memiliki sifat narsistik merupakan mimpi buruk. Sebab, menjalani hubungan dengan pria narsis serupa dengan permainan rollercoaster yang membuat emosi naik turun.

Pria narsis biasanya mengagumi pasangannya secara berlebihan di fase awal hubungan. Kemudian, mereka bisa menghilang tanpa kabar berita. Kondisi ini bisa terjadi berulang-ulang. Melelahkan.

Menurut Elinor Greenbert, PhD., penulis buku bertajuk Borderline, Narcisstic, and Schizoid Adaptations, pria narsis mencari pasangan yang bisa meningkatkan status sosial mereka. Jadi, jika mereka berhubungan dengan seorang wanita, maka tujuannya adalah untuk memperbaiki atau menyempurnakan status sosial. 

Kebanyakan pria narsis, menurut Greenbert, ketika mengucapkan cinta, maka mereka tidak bermaksud tulus. Maksud ekspresi cinta itu bukan karena benar-benar datang dari hati, tetapi mereka senang orang lain melihat diri mereka lebih baik ketika bisa menaklukan Anda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, ketika mereka melihat ada kekurangan Anda yang bisa menciderai persepsi orang lain pada diri mereka, maka tanpa banyak waktu menunggu, mereka akan begitu saja meninggalkan Anda.

“Pria narsis itu adalah orang yang paling kesepian di dunia. Mereka selalu hidup demi penilaian orang lain. Jadi, jika lingkungan sosial memandang bahwa berpasangan merupakan sebuah pencapaian, maka mereka tidak akan membiarkan diri berstatus lajang,” urainya.

Kebiasaan para pria narsis, kata Greenbert, selalu memiliki pasangan cadangan sebagai pengganti jika hubungan yang sedang dijalani karam di tengah jalan.

“Tak hanya menyebalkan, pria narsis juga jarang yang setia,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Refinery29

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.