Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/06/2017, 18:32 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Tahukah Anda, kekuatan pikiran positif bisa memberikan energi positif dalam diri kita. Sayangnya, kita sering sulit mengendalikan pikiran-pikiran negatif. Bila berlebihan, kebiasaan "negative thinking" ini sebenarnya merugikan.

Bukan hanya membuat rasa percaya diri berkurang, pikiran negatif juga membuat hidup tidak bahagia, selalu penuh curiga, kecemasan, dan ternyata juga membuat penampilan terlihat lebih tua.

Sudah waktunya kita memegang kendali pada apa yang kita pikirkan. Mulailah menyingkirkan 7 pikiran negatif ini dari hidup kita.

1. Stres

Setiap orang pasti pernah stres, tapi jika hidup kita sudah dikuasai stres, bisa menyebabkan penuaan dini akibat kematian sel secara prematur. Bagaimana terjadinya? Masa hidup sel dikendalikan oleh struktur sel yang disebut telomer, yang melindungi DNA dan membantu membelah sel.

Setiap kali sel membelah, telomer akan menjadi lebih pendek, yang akhirnya menjadi terlalu pendek dan akhirnya mati. Dalam analisis studi yang melibatkan 7.000 orang, peneliti menemukan telomer cepat menjadi pendek pada mereka mengalami depresi dibanding mereka yang lebih bahagia.

2. Permusuhan

Memaafkan orang yang kita anggap mengganggu hidup kita memang tidak mudah. Dorongan untuk membalas perbuatan mereka pasti besar dan kita pun akan merasa puas.  Menjauhi sikap bermusuhan dan maafkan ternyata bukan hanya membuat hati lebih damai, namun juga membuat kita awet muda.

3. Sinisme

Membiarkan sikap sinisme tumbuh dalam diri merupakan bibit dari permusuhan. Sering ragu dan mencurigai motif seseorang, bersikap skeptis terhadap gagasan baru, merupakan penghambat kita untuk maju. Selain itu, menurut sebuah studi, pria yang sini sjuga beresiko serangan jantung dan stroke lebih tinggi, terutama jika sikap sinisme itu dikombinasi dengan sikap permusuhan.

Mereka yang memiliki permusuhan serta sinisme beresiko depresi dan memiliki penyakit kardiovaskular, sistem metabolisme dan meninggal di usia muda.

4. Pesimis

Mengharapkan hal-hal buruk terjadi berdampak negatif untuk kesehatan Anda. Dalam penelitian tahun 2014, peneliti mengukur hubungan pesimis dan ukuran telomer pada 490 pria. Hasilnya, semakin pria pesimis, maka semakin pendek pula ukuran telomer dalam selnya. Makin pendek telomer, makin besar pula risikonya menderita penyakit jantung.

5. Sulit "move on"

Bila Anda mencoba mengikat pikiran dari pengalaman yang menyakitkan, itu adalah refleksi dan tak bermasalah. Namun, bila Anda terus-menerus mengulang dan situasi itu terjadi hingga belasan tahun, dampaknya adalah kecemasan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com