Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/06/2017, 06:12 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com – Pernikahan yang bahagia merupakan dambaan setiap pasangan di dunia.  Selain membuat kehidupan lebih ringan dan gembira langgeng, pernikahan yang langgeng juga dapat membuat semangat Anda meningkat.

Namun, sayang sekali, kehidupan pernikahan tidak selalu bergulir manis dan penuh canda tawa. Kenyataannya, pernikahan sarat dengan kompromi, selisih pendapat, dan toleransi.

Sebab, pernikahan bisa saja mengubah karakter dan kebiasaan pasangan yang sebelumnya tidak Anda tahu.

Salah satu kebiasaan yang membuat pria terkejut sekaligus sedih saat tahap awal pernikahan adalah sang istri yang ternyata malas berdandan.

Seorang psikolog klinis, Andra Brosh, PhD., mengatakan, banyak klien prianya mengatakan, kurang bahagia karena sang istri tak lagi berpenampilan seperti saat masih pacara dulu.

Kondisi semakin rumit karena kebanyakan pria takut untuk mengungkapkan curahan hati yang berkaitan dengan penampilan istri.

Alasannya, tentu saja tidak ingin menyakiti perasaan istri.

“Tidak sedikit, bahkan banyak dari klien pria saya yang menginginkan agar istri mereka tetap merawat atau lebih merawat diri setelah menikah. Menggunting rambut, olahraga, dan berdandan menjadi beberapa hal yang diinginkan suami dari istri,” jelas Brosh.

Brosh menganjurkan supaya wanita, terutama yang telah menjadi ibu, jangan sampai melupakan bahwa suami masih menginginkan Anda tampak seksi dan menggoda.

Aroma tubuh istri yang kurang sedap, jelas Brosh, juga menjadi keluhan kebanyakan suami.

Jadi, para wanita sebaiknya jangan tinggalkan kebiasan merawat tubuh dan menyemprotkan parfum setelah resmi menikah dengan pasangan impian Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com