Kompas.com - 13/06/2017, 11:17 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

Untuk memperoleh hasil maksimal di gym, rajin berlatih saja tidak cukup. Sebaiknya Anda memakai jasa personel trainer (PT) untuk membimbing dan memantau program latihan Anda.

Dalam satu kontrak program dengan seorang PT, Anda bisa belajar mengetahui cara yang tepat melakukan latihan, misalnya untuk squat atau lunges. Anda juga tahu struktur latihan yang dibutuhkan, atau cara menggunakan alat-alat di gym. Mereka juga akan memotivasi kita untuk lebih giat berlatih.

Mengingat pentingnya tugas seorang PT dalam latihan Anda, pastikan Anda mengetahui beberapa hal ini dalam memilih:

- Siapa dia
Anda bisa melakukan pengamatan di gym langganan. Perhatikan bagaimana sikapnya saat melatih klien. Apakah ia terlalu banyak bicara atau justru pendiam? Apakah ia terlalu santai, padahal Anda sedang butuh PT yang bisa memacu? Amatilah dua atau tiga calon PT sebelum memutuskan.

- Sertifikasi
Seorang PT wajib memiliki sertifikasi dari organisasi pelatihan terkemuka, ilmu latihan, atau gelar sarjana olahraga. Di pusat kebugaran ternama biasanya mereka sudah mewajibkan sertifikasi ini. Carilah informasi apakah mereka memiliki kekhususan, misalnya nutrisi fitnes, manajemen berat badan, atau postnatal fitness.

- Komunikasikan
Tanyakan pada diri sendiri apa yang Anda harapkan dari sesi latihan yang akan dijalani. Apakah menurut Anda latihan beban itu berat tapi tertarik untuk melakukannya? Apakah Anda sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti half-marathon? Atau Anda ingin mengatasi fase plateu dalam upaya penurunan berat badan?

Komunikasikan tujuan latihan Anda pada PT sehingga ia bisa merancang program yang sesuai. Seorang PT yang profesional tidak akan memberi program yang sama pada setiap kliennya.

- Cari informasi
Jangan hanya mengandalkan rekomendasi dari staf di gym. Tak ada salahnya meminta referensi klien yang sudah ditangani oleh calon PT Anda untuk menggali informasi mengenai program, cara berlatih, dan sebagainya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.