Kompas.com - 13/06/2017, 15:02 WIB
Ilustrasi kopi ShutterstockIlustrasi kopi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Apakah Anda termasuk orang yang sering kesulitan tidur malam, meski sudah lelah beraktivitas selama delapan jam?

Sejumlah penelitian menshahihkan bahwa kurang tidur bisa berdampak buruk pada tubuh dan penampilan.

Masalah tidur malam, untuk para warga kota, memang bukan perkara mudah. Sebab, tekanan dan stres bisa menjadikan ritual memejamkan mata di malam hari hingga nyenyak menjadi tantangan tersendiri.

Anda bisa mencoba tiga langkah berikut ini agar tidur malam lebih mudah:

Jangan bekerja di dalam kamar

Kebiasaan membaca email, menyelesaikan tugas kantor, makan, minum, dan menonton bisa membuat kamar jadi beralih fungsi sehinggga suasananya tak lagi santai dan rileks. Alhasil, Anda pun jadi sulit tidur malam.

“Pastikan kegiatan di kamar hanya untuk beristirahat dan bermesraan dengan suami. Sebab, kegiatan lain dalam kamar bisa memanipulasi otak agar semakin sulit beristirahat,” jelas Kenneth Lichstein, PhD., direktur dari Sleep Research Project di The University of Alabama, AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jangan minum kopi setelah jam lima sore

Seorang direktur dari Stanford University Sleep Disorders Clinic, Jed Black, MD., mengatakan, kafein tetap berada dalam sistem tubuh selama 12 jam. Nah, mengonsumsinya di atas jam lima sore hanya membuat Anda semakin sulit tidur.

Waktu tidur teratur

Pola tidur yang tidak teratur membuat waktu internal dalam tubuh mengalami frustrasi sehingga sulit untuk menyesuaikannya agar beristirahat dengan optimal. Kondisi ini biasa terjadi pada karyawan yang bekerja shift.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.