Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/06/2017, 05:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Selama berpuasa, terkadang kita mengabaikan makanan yang bernutrisi dan lebih mengutamakan makanan yang mengenyangkan dan lezat. Konsumsi susu dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

Dokter spesialis kesehatan olahraga Rachmad Wishnu Hidayat mengatakan, susu dapat dikonsumsi pada saat sahur karena biasanya asupan makanan dan cairan lebih sedikit dari biasanya.

Kondisi ini disebabkan tubuh tak terbiasa mendapat asupan makanan dan cairan saat pagi hari. Segelas susu bisa menjadi tambahan sumber gizi.

"Orang akan lemas dan malas saat makan sahur, biasanya ini di minggu-minggu pertama puasa. Nah, menggantikan asupan makanan dan cairan saat sahur itu bisa dengan susu," kata Wishnu saat buka bersama Greenfields di Menara BTPN, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (14/6/2017).

Sedangkan konsumsi susu saat buka puasa untuk mencukupi kebutuhan cairan, karbohidrat, protein dan mineral secara cepat. Apalagi jika sebelum berbuka puasa melakukan olahraga yang menguras cairan dalam tubuh.

Wishnu menyebutkan tak ada efek samping berbuka puasa dengan susu. Kecuali bila  seseorang memiliki intolerasi pada laktosa, kondisi di mana kekurangan enzim laktose. Bila orang dengan gangguan ini minum susu maka akan berakibat diare. "Tapi orang dengan kondisi ini sangat jarang," katanya.

Waktu terbaik lain untuk mengonsumsi susu selama berpuasa adalah malam hari sebelum tidur. "Karena susu mengandung asam amino triftofan yang merupakan bahan presekusor hormon tidur, sehingga kualitas tidur lebih baik," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com