Kompas.com - 15/06/2017, 07:00 WIB
Ilustrasi thinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

Memiliki keluarga yang harmonis tentu membahagiakan, namun memiliki persahabatan yang harmonis dapat membuat pria jauh lebih bahagia seiring bertambahnya usia, ungkap sebuah studi.

Menurut sepasang studi dari Michigan State University, memelihara bromances atau persahabatan dengan teman pria lain, dapat lebih bermanfaat dari perkiraan Anda. Persahabatan yang baik dapat menopang kesehatan dan kebahagiaan seorang pria dalam jangka panjang.

Namun, untuk mendapatkan manfaat positif tersebut, Anda harus mencari kualitas dalam persahabatan bukannya kuantitas. Sehingga tak penting berapa banyak teman yang Anda miliki, selama ada seorang sahabat yang kerap menawarkan hubungan berkualitas dengan Anda, itu sangat baik.

Penulis studi William Chopik, asisten profesor psikologi, menganalisis data dari dua survei yang melibatkan hampir 280.000 orang. Studi pertama menemukan bahwa keluarga dan teman dapat membuat seseorang bahagia, tapi persahabatan menjadi prediktor kesejahteraan yang lebih kuat ketika usia seseorang bertambah.

Studi yang kedua menemukan bahwa orang-orang yang persahabatannya justru mengakibatkan stres, melaporkan lebih banyak penyakit kronis ketimbang orang-orang yang memiliki sahabat sebagai pendukung mereka.

"Persahabatan menjadi lebih penting seiring bertambahnya usia," kata Chopik kepada MSU Today. "Menjaga beberapa teman yang benar-benar baik di sekitar kita bisa membuat dunia berbeda bagi kesehatan dan kesejahteraan. Jadi, Anda harus pintar berinvestasi dalam persahabatan yang membuat diri paling bahagia."

Seperti pepatah lama, "Anda tidak bisa memilih keluarga, tetapi Anda bisa memilih teman." Dan itulah mengapa pertemanan tampaknya menjadi lebih penting seiring berjalannya kehidupan, menurut Chopik.

Meskipun keluarga dapat menjadi sumber kebahagiaan, namun keluarga sangat mungkin membuat Anda terjebak dalam hal-hal serius, monoton, atau benar-benar menyebalkan.

Sebaliknya, seseorang dapat menjaga teman yang disukai dan memutuskan hubungan dengan orang yang tidak disukai, sehingga persahabatan lebih mungkin membuat seseorang merasa lebih baik.

 "Persahabatan, di sisi lain, dapat menolong Anda dari kesepian, keluar dari rutinitas, tapi seringkali lebih sulit dipertahankan untuk sepanjang masa," kata Chopik.

"Jika persahabatan telah bertahan dalam ujian waktu, ada seseorang yang sering Anda hubungi untuk meminta pertolongan dan nasihat, dan ada orang yang Anda ingin pertahankan dalam hidup Anda, jagalah hubungan itu karena akan baik bagi Anda.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.