Kompas.com - 15/06/2017, 10:00 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

Susu bukan hanya minuman anak-anak atau sekadar penunjang nutrisi, tapi juga minuman untuk olahraga alami atau natural sport drink.

Dokter spesialis kesehatan olahraga, dr Rachmad Wishnu Hidayat SpKO mengungkapkan, susu mengandung karbohidrat, protein dan mineral yang dapat dicerna dan diserap, sehingga cocok diminum untuk pendukung olahraga.

"Susu bisa gantikan cairan tubuh dengan cepat dan risiko dehidrasi kecil," kata Wishnu saat buka bersama Greenfields di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (14/6/2017).

Waktu mengonsumsi susu yang terbaik adalah setelah berolahraga karena akan memberikan manfaat tambahan.

Menurut Wishnu, susu bukan hanya sekadar mengganti cairan, namun juga energi yang hilang serta vitamin dan protein. Ketika berolahraga tubuh akan menguras protein dan vitamin lebih. Oleh karena itu, susu memiliki manfaat besar agar tubuh tetap prima pasca olahraga.

"Bicara metabolisme olahraga, (di dalam susu) ada kandungan vitamin yang penting bagi metabolisme energi. Sementara the real sport drink (minuman olahraga buatan) tidak ada kandungan vitaminnya," ujar Wishnu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.