Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pernikahan Bermasalah? Cermati 3 Tanda dari Kamar Tidur Ini

Kompas.com - 15/06/2017, 19:39 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Adanya masalah dalam hubungan pernikahan Anda bisa terlihat dari 3 tanda yang terjadi di kamar tidur. Hal ini memang terdengar klasik, namun ternyata tanda-tanda itu masih relevan untuk kehidupan pasangan masa kini.

Emosi terbesar yang bisa dirasakan manusia, menurut Dr Mark Shannan, penulis "The Original Design for Health" adalah  memberi cinta, diterima, dan mendapat balasan dicintai. "Ketiga komponen itu penting dalam pernikahan atau hubungan yang sehat," ujarnya.

Kurangnya salah satu dari komponen tersebut bisa menggelinding menjadi masalah yang lebih besar. Jika Anda menemukan ada hal yang kurang di kamar tidur, perhatikan tiga tanda mendasar yang bisa menjadi masalah ini:

1. Tidak berhubungan seks 

Jika Anda atau pasangan Anda tidak memiliki gairah untuk berhubungan seks, bahkan jarang menyentuh satu sama lain, pasti ada masalah dengan hubungan Anda.

“Semua orang tahu bahwa stres dan emosional karena tekanan hidup—seperti masalah dalam pekerjaan, mengasuh anak, mengurus orangtua, serta ribuan tanggungjawab lain—dapat menghabiskan waktu Anda,” kata Dr Shannan.

“Kendati demikian, kita perlu berhubungan secara fisik dengan istri atau suami, dan jika Anda tidak bisa memberikan hal ini kepada mereka, mereka akan mencari di luar rumah cepat atau lambat,” lanjutnya.

2. Pasangan Anda tidak bergairah atau menghindar

Jika Anda sudah berusaha merayu pasangan Anda namun dia menolaknya atau menunjukkan keengganan, maka Anda harus mengajaknya berbicara. “Ini bendera merah (tanda hati-hati),” kata Shannan.

Sangat penting bagi kita untuk peka terhadap rutinitas dan tingkat energi pasangan setiap kali akan memulai keintiman secara fisik. “Jika pasangan Anda bekerja keras sepanjang hari, maka mungkin bukan saat yang tepat untuk mengajaknya bercinta,” kata Shannan.

Dia menyarankan agar Anda memiliki waktu khusus untuk memanjakan pasangan di kamar tidur. “Anda bisa mencoba mandi air panas bersama dan memberi pijatan sensual, atau biarkan pasangan beristirahat semalaman dan mulai mencoba di pagi hari,” ujar Shannan.

3. Seks dan keintiman menjadi tugas

Jika pasangan Anda tetap bersedia berhubungan seks, namun tidak menunjukkan gairah, bisa jadi ada masalah. “Suami atau istri yang tidak membalas perasaan cinta bukan merupakan pertanda yang baik. Anda dapat merasakan bila pasangan tidak membalas cinta Anda, demikian pula sebaliknya,” kata Shannan.

Mungkin pasangan berpikir yang penting ia melakukan tugas pernikahan, tapi bila hal itu tidak didasari gairah, maka suatu saat bisa menjadi masalah

Lalu apa yang harus Anda lakukan bila hal-hal itu terjadi?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com