Pergelangan Tangan Cidera Gara-gara Keseringan "Selfie"

Kompas.com - 18/06/2017, 09:20 WIB
Selfie di puncak gunung SerrNovikSelfie di puncak gunung
|
EditorLusia Kus Anna

Tahukah Anda, dari 20 remaja sekitar 19 melakukan swafoto (selfie) dan setiap 10 detik ada 1000 foto selfie yang diunggah ke Instagram. Walau sebagian pakar menyebut selfie merupakan gejala dari narsisme, sebenarnya ada bahaya nyata dari kesukaan berfoto sendiri menggunakan ponsel ini.

Para dokter ternyata belakangan ini banyak menjumpai kasus cidera pada otot tangan karena selfie yang disebut dengan the selfie wrist Paling tidak di rumah sakit Universitas Galway ada 4 kasus cidera ini dalam sepekan. Demikian laporan para dokter dalam jurnal Irish Medical Journal.

Cidera itu disebabkan karena pergelangan tangan mengalami gangguan, bahkan patah yang dipicu oleh kebiasaan melakukan selfie. Biasanya ini dipicu karena berkurangnya keseimbangan tangan gara-gara seseorang sibuk mencari latar belakang yang bagus untuk berfoto dan tidak peduli pada lingkungan sekitar.

Selain itu, melakukan selfie juga diketahui bisa menyebabkan kematian, terutama karena dilakukan di tempat-tempat berbahaya, seperti di atas gedung, tangga, pinggir jurang, atau pinggir jalan raya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X