Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pergelangan Tangan Cidera Gara-gara Keseringan "Selfie"

Kompas.com - 18/06/2017, 09:20 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Tahukah Anda, dari 20 remaja sekitar 19 melakukan swafoto (selfie) dan setiap 10 detik ada 1000 foto selfie yang diunggah ke Instagram. Walau sebagian pakar menyebut selfie merupakan gejala dari narsisme, sebenarnya ada bahaya nyata dari kesukaan berfoto sendiri menggunakan ponsel ini.

Para dokter ternyata belakangan ini banyak menjumpai kasus cidera pada otot tangan karena selfie yang disebut dengan the selfie wrist Paling tidak di rumah sakit Universitas Galway ada 4 kasus cidera ini dalam sepekan. Demikian laporan para dokter dalam jurnal Irish Medical Journal.

Cidera itu disebabkan karena pergelangan tangan mengalami gangguan, bahkan patah yang dipicu oleh kebiasaan melakukan selfie. Biasanya ini dipicu karena berkurangnya keseimbangan tangan gara-gara seseorang sibuk mencari latar belakang yang bagus untuk berfoto dan tidak peduli pada lingkungan sekitar.

Selain itu, melakukan selfie juga diketahui bisa menyebabkan kematian, terutama karena dilakukan di tempat-tempat berbahaya, seperti di atas gedung, tangga, pinggir jurang, atau pinggir jalan raya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com