Kompas.com - 18/06/2017, 15:11 WIB
Mencuci muka DeanDrobotMencuci muka
|
EditorLusia Kus Anna

Setelah beraktivitas di luar ruangan, terpapar debu dan sinar matahari, membersihkan muka merupakan langkah awal untuk memiliki kulit yang sehat dan segar. Namun, bukan berarti kita bisa mencuci muka dengan sembarang sabun.

Salah satu kebiasaan keliru dalam mencuci muka adalah memakai sabun mandi atau sabun bayi. Menurut dr.Melyawati Hermawan, Sp.KK, sabun mandi memiliki komposisi yang berbeda dengan sabun khusus wajah.

"Wajah memiliki kulit yang lebih sensitif dan memiliki sel-sel yang lebih kecil, sehingga mudah kering. Kalau cuci muka pakai sabun mandi pasti lama-lama kulit akan kering," kata Melyawati di sela acara peluncuran produk Dove Facial Foam di Jakarta (16/6/2017).

Untuk membersihkan wajah, ia menyarankan menggunakan produk sabun muka dengan kandungan surfaktan yang ringan sehingga dapat tetap menjaga fungsi kulit.

"Setiap produk sabun muka pasti mengandung surfaktan karena fungsinya adalah untuk melarutkan minyak. Tapi pilihlah yang kadar surfaktannya ringan dan tetap melembabkan kulit," ujarnya.

Produk yang memiliki kadar surfaktan tinggi biasanya memang memberi efek kulit menjadi kesat, namun menurut Melyawati hal itu disebabkan karena minyak alami di wajah ikut terhapus.

"Lapisan minyak di kulit ibarat semen dalam batu bata di tembok, fungsinya juga untuk memproteksi kulit dan mencegah penguapan air sehingga kulit tidak gampang kering,' katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kulit yang kering akan menyebabkan rasa gatal, wajah tampak kusam, dan juga mempercepat tanda penuaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.