Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/06/2017, 16:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sensasi rasa kesat di kulit dicari banyak orang setelah mencuci muka. Mereka beranggapan rasa kesat itu berarti semua kotoran sudah dibersihkan dari kulit.

Menurut dr.Melyawati Hermawan Sp.KK, sensasi rasa kesat tersebut sebenarnya menunjukkan kulit dalam kondisi berbahaya. "Itu berarti zat surfaktan dalam produk pembersih wajah cukup keras karena wajah jadi terasa kaku dan kering setelahnya," paparnya dalam acara peluncuran produk Dove Facial Foam di Jakarta (16/6/2017).

Ia menambahkan, produk pembersih muka juga bisa membuat kulit semakin stres. "Kulit wajah kita tipis sehingga perlu perlakuan istimewa," ujarnya.

Produk pembersih muka yang membuat kulit terasa kesat bisa membuat wajah menjadi kering karena kelembaban alaminya ikut terangkat saat mencuci muka.

"Minyak alami di permukaan kulit diperlukan sebagai barier kulit agar bakteri tidak mudah masuk dan juga supaya penguapan kulit tidak gampang terjadi," kata dokter dari RS Siloam Kebun Jeruk Jakarta ini.

Membersihkan wajah merupakan langkah awal memiliki kulit yang sehat, namun pilihlah produk pembersih yang mengandung surfaktan ringan sehingga kulit tetap terjaga kelembabannya.

Menurut Melyawati, formula sabun muka yang baik sebaiknya juga mengandung agen lain yang akan melembabkan dan menutrisi kulit. "Sebelumnya tentukan dulu jenis kulitnya dan sesuaikan dengan produk yang akan dibeli," ucapnya.

Widyawati Salim, R&D Manager Skin Care PT.Unilever Indonesia menjelaskan, saat ini produk Dove Facial Foam menghadirkan sabun pembersih muka yang mengandung stearic acid dan glycerin, bahan pelembab yang dapat memperbaiki lapisan kulit dan mengikat kadar air dalam kulit.

"Busa yang dihasilkannya sangat lembut dan berbeda dari pembersih wajah pada umumnya sehingga dapat mengikat kotoran tanpa membuat kulit kering,' katanya.

Terdapat tiga varian Dove Facial Foam yang dapat disesuaikan dengan berbagai tipe kulit, yakni untuk kulit normal, sensitif, dan kering; untuk kulit berminyak atau kombinasi; serta untuk kulit kusam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com