Kompas.com - 18/06/2017, 17:00 WIB
Ilustrasi VadvenIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

Harapan setiap pasangan adalah memiliki pernikahan yang bahagia dan langgeng, tak gampang goyah oleh setiap ujian kehidupan.

Kunci dari pernikahan yang awet ternyata bukanlah rajin meluangkan waktu kencan berdua atau komunikasi, meski kedua hal itu tetaplah penting. Rahasianya ternyata adalah memiliki landasan pertemanan yang kuat.

Menurut konsultan pernikahan Tara Caffelle, pasangan suami istri yang kompak seperti sahabat biasanya lebih langgeng.

"Mereka yang hubungannya seperti sahabat, saling peduli satu sama lain, bukan hanya pasangan seksual dalam pernikahan, akan lebih awet," katanya.

Menurut dia, hubungan yang demikian juga akan menjadi contoh bagi anak-anaknya. Kebahagiaan pasangan juga akan dirasakan manfaatnya bagi anak-anaknya.

"Ketika hubungan hanya dibangun oleh dasar seks atau ide bahwa pasangan kita bisa memenuhi beberapa peran, akan lebih rapuh saat ada hambatan. Namun, saat pasangan suami istri juga mampu menjadi teman, ada keintiman yang dalam dan saling percaya yang akan selalu mengikat mereka bersama," katanya.

Walau begitu, bukan berarti suami atau istri Anda harus menjadi sahabat. Bukan juga pasangan Anda harus memiliki kesamaan minat pada semua kesukaan Anda. Di luar pernikahan, kita tetap perlu memiliki sahabat sehingga hidup tetap seimbang.

"Kita punya teman yang berbeda untuk kebutuhan yang berbeda, tetapi intinya pasangan kita harusnya adalah sahabat terdekat kita. Kita bisa membangun hubungan yang kuat dengan berlandaskan persehabatan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.