Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pernikahan Lebih Awet Bila Dilandasi Persahabatan

Kompas.com - 18/06/2017, 17:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Harapan setiap pasangan adalah memiliki pernikahan yang bahagia dan langgeng, tak gampang goyah oleh setiap ujian kehidupan.

Kunci dari pernikahan yang awet ternyata bukanlah rajin meluangkan waktu kencan berdua atau komunikasi, meski kedua hal itu tetaplah penting. Rahasianya ternyata adalah memiliki landasan pertemanan yang kuat.

Menurut konsultan pernikahan Tara Caffelle, pasangan suami istri yang kompak seperti sahabat biasanya lebih langgeng.

"Mereka yang hubungannya seperti sahabat, saling peduli satu sama lain, bukan hanya pasangan seksual dalam pernikahan, akan lebih awet," katanya.

Menurut dia, hubungan yang demikian juga akan menjadi contoh bagi anak-anaknya. Kebahagiaan pasangan juga akan dirasakan manfaatnya bagi anak-anaknya.

"Ketika hubungan hanya dibangun oleh dasar seks atau ide bahwa pasangan kita bisa memenuhi beberapa peran, akan lebih rapuh saat ada hambatan. Namun, saat pasangan suami istri juga mampu menjadi teman, ada keintiman yang dalam dan saling percaya yang akan selalu mengikat mereka bersama," katanya.

Walau begitu, bukan berarti suami atau istri Anda harus menjadi sahabat. Bukan juga pasangan Anda harus memiliki kesamaan minat pada semua kesukaan Anda. Di luar pernikahan, kita tetap perlu memiliki sahabat sehingga hidup tetap seimbang.

"Kita punya teman yang berbeda untuk kebutuhan yang berbeda, tetapi intinya pasangan kita harusnya adalah sahabat terdekat kita. Kita bisa membangun hubungan yang kuat dengan berlandaskan persehabatan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com