Awas...Ini 5 Dampak Buruk Keseringan "Stalking" Media Sosial Teman!

Kompas.com - 19/06/2017, 10:15 WIB
Ilustrasi seseorang tengah memainkan gawai DemaerreIlustrasi seseorang tengah memainkan gawai
|
EditorWisnubrata


KOMPAS.com – Hampir seluruh pengguna media sosial mungkin pernah mengintip (stalking) akun teman atau bahkan orang yang belum dikenal sebelumnya. Itu wajar saja, meskipun ada pula yang sungkan mengakuinya.

Walaupun mengintip media sosial orang lain terasa menghibur, sesungguhnya ada sejumlah alasan mengapa Anda sebaiknya berhenti melakukan hal itu.

Sebagaimana dikutip The Odyssey Online, berikut lima dampak buruk jika Anda keseringan menjadi pengintip di dunia maya.

1. Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang mengganggu

Entah itu topik percakapan sensitif, keterangan pada foto, atau komentar dari seseorang, hal-hal tersebut dapat membekas dalam benak. Anda selanjutnya akan bertanya-tanya mengapa mereka memilih topik itu atau alasan mengunggah sebuah foto.

Nah, jika terus-menerus melihat sesuatu yang tidak disukai, semakin banyak pula energi positif yang terbuang dari diri Anda.

2. Mengintip akun seseorang dapat mengarah pada mengintip akun lainnya

Saat melihat foto yang diunggah seseorang di media sosial, seringkali pula kita penasaran ingin mengklik orang yang ditautkan (tag), hingga akhirnya masuk ke profil orang tersebut. Demikian pula seterusnya.

Sebelum Anda semakin impulsif dan membuang waktu produktif, ada baiknya Anda menyadari bahwa mengintip akun orang lain tak selamanya baik.

3. Membandingkan dengan diri sendiri

Tatkala kita mengatakan hal baik atau buruk dari orang lain, pada akhirnya kita sering membandingkannya dengan diri sendiri.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X