Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Kompas.com - 20/06/2017, 17:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

Bila sering merasa gatal di beberapa bagian lipatan tubuh terutama pada malam hari, kemungkinan besar Anda terkena parasit yang masuk ke kulit atau disebut dengan scabies.

Dr Jonathan Raharjo Subekti SpKK mengatakan, scabies ditularkan oleh manusia.  Biasanya penularan terjadi di lingkungan dengan kondisi tidur di satu kasur beramai-ramai, misalnya  tiga hingga lima orang atau pun memakai pakaian secara bergantian.

"Gejalanya yang pertama paling sering adalah gatal. Gatalnya ada karakteristiknya, paling sering malam hari," kata Jonathan kepada Kompas Lifestyle saat saat peluncuran Hydrabio Essence Lotion dan Hydrabio Gel Creme dari Bioderma di Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2017).

Parasit scabies merupakan nokturnal yang lebih aktif di malam hari. Rasa gatal pun hanya di bagian tertentu yang dijadikan sarang parasit. Biasanya muncul gatal di bagian lipatan dan kulit tipis seperti ketiak, pusar, selangkangan hingga alat kelamin.

Untuk mengatasinya, Jonathan menyarankan menggunakan krim yang mengandung permethrin. Krim itu dioleskan ke seluruh tubuh dari leher sampai ujung kaki dan lipatan tubuh tak boleh terlewatkan.

Waktu pengolesan sebaiknya dilakukan malam hari setelah mandi "Kemudian besok pagi bisa mandi seperti biasa. Kemudian kalau masih gatal bisa diulang lagi pemakaiannya sampai satu minggu," kata Jonathan.

Agar penanganannya tuntas, pengobatan juga perlu dilakukan pada setiap orang di rumah tersebut, meskipun yang terkena hanya satu orang. Karena bisa juga anggota keluarga lain terkena, namun belum muncul gatal.

Selain itu bersihkan pakaian, kasur, sprei dan dicuci dengan rendaman air panas. "Supaya si tungaunya mati. Jadi ketika kita obati, tungaunya di badan sudah mati. Tapi tidur di situ lagi (belum dicuci) nanti kena lagi." ujar Jonathan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke