Kompas.com - 21/06/2017, 20:00 WIB
Ilustrasi shutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

Membangun citra diri yang positif di media sosial memang perlu, tetapi jangan sampai melakukan kebohongan.

Berdasarkan riset dari Learnvest, 56 persen generasi milenial mengakui mereka mengunggah foto di media sosial agar dinilai mampu berlibur atau makan di tempat yang lebih mahal dibanding kehidupan mereka sebenarnya. Survei itu dilakukan terhadap 1.000 responden.

Tak sedikit pula orang yang sampai berhutang untuk membiayai gaya hidup palsu dari yang sebenarnya mereka mampu. Ada juga orang yang membuat kebohongan di media sosial agar hidupnya dinilai sempurna dan bahagia.

Menurut Fran Walfish, ahli psikoterapi, banyak orang nekat melakukan pembohongan kepada pengikut di media sosial karena mereka ingin menimbulkan kecemburuan dan membuat diri mereka lebih disukai, terutama untuk para mantan dan pasangan mereka saat ini. Namun, ada juga karena alasan nilai materialistis.

Selain itu, berdasarkan studi tahun 2012 yang dipublikasi di Journal of Personality and Social Psychology, generasi milenial memang lebih mengutamakan uang, penampilan dan ketenaran.

Apa pun alasannya, yang jelas unggahan tersebut berdampak negatif. Sebagian besar generasi milenial mengatakan merasa tertekan mengikuti gaya hidup orang yang dilihatnya di media sosial.

Pengeluaran pun akan bertambah karena tergiur memiliki gaya hidup teman yang dianggapnya sempurna. Menurut survei, tak sedikit orang yang membiayai sesuatu di luar kemampuannya, misalnya berlibur, gara-gara melihat foto keren orang lain di media sosial sedang liburan di tempat eksotis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber nypost.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.