Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Konsumsi Nanas

Kompas.com - 22/06/2017, 18:00 WIB
Thinkstockphotos Ilustrasi

Nanas adalah buah tropis yang populer di seluruh dunia. Di Indonesia, buah ini lebih sering dijadikan campuran rujak, dijadikan dodol, dan juga bahan utama pembuatan kue lebaran yang khas, yaitu nastar.

Nanas memiliki kandungan bromelain. Enzim yang penting untuk mencerna protien ini juga memiliki khasiat sebagai "obat pencernaan".

Secara luas bromelain juga dipakai untuk anti-peradangan, anti-pembekuan darah, dan juga bisa sebagai anti-kanker. Zat ini juga sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, nanas adalah sumber vitamin C yang kaya. Kandungan mineral di dalamnya antara lain mangan yang bersama dengan vitamin C diperlukan tubuh untuk melawan radikal bebas dalam tubuh.

Mangan juga merupakan mineral yang penting untuk produksi beberapa enzim yang dibutuhkan untuk produksi energi tubuh.

Karena buah nanas yang sudah matang sangat manis, disarankan untuk mengonsumsi buah ini segar dibanding dengan dijadikan jus. Ini karena kandungan serat larut dalam air pada buah nanas bisa memperlambat naiknya gula darah saat dikonsumsi.


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


EditorLusia Kus Anna
SumberGuardian
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X