Beda Orang Amerika dan Indonesia Saat ke Restoran

Kompas.com - 23/06/2017, 10:25 WIB
Suasana restoran Correlate Kuningan, Jakarta, Rabu (21/6/2017). Restoran milik salah satu chef terkenal yaitu chef Juna ini hanya menyajikan hidangan Perancis dan Jepang. KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELSuasana restoran Correlate Kuningan, Jakarta, Rabu (21/6/2017). Restoran milik salah satu chef terkenal yaitu chef Juna ini hanya menyajikan hidangan Perancis dan Jepang.
|
EditorLusia Kus Anna

Pernahkah Anda mengunjungi restoran mewah dan bingung melihat daftar menu yang bagi Anda namanya "aneh". Bahkan Anda sendiri tidak paham jenis makanan seperti apa yang akan disajikan di restoran tersebut. Lalu apa yang akan Anda pesan? Pasti tak jauh dari nasi goreng.

Kesalahan umum yang masih banyak dimiliki masyarakat adalah memilih restoran hanya karena sedang tren, sehingga tidak mengetahui jenis restoran apa yang didatangi dan menu spesial apa yang ada di restoran. Akhirnya yang dipesan hanya makanan standar dan takut mencoba menu baru.

"Kalau orang Indonesia, begitu datang ke restoran menengah ke atas misalnya, menunya kurang familiar ujung-ujungnya pesen nasi goreng atau sop buntut tidak mau mencoba masakan baru di restoran itu," kata Chef Juna kepada Kompas Lifestyle.

Namun, lain halnya dengan orang Amerika ketika mengunjungi sebuah restoran. Sebagai orang yang cukup lama tinggal dan bekerja di beberapa restoran di negeri Paman Sam, Juna tahu betul kebiasaan orang Amerika.

Menurut Juna Orang Amerika sudah tau apa yang akan mereka makan dan ke mana restoran yang harus dituju.  "Sehingga ketika sampai ke restoran yang dituju, mereka tidak pusing membuka-buka menu yang disajikan oleh restoran tersebut," ujarnya.

Juna menyarankan agar sebagai tamu restoran sebaiknya kita mencoba menu spesial yang ada di restoran tersebut.

"Kalau justru hanya memesan nasi goreng atau sop iga, kenapa tidak di tempat dan rasa yang lebih enak saja, misal nasi goreng kambing di Kebon Sirih itu sudah jelas terasa enaknya dan ramai," katanya.

Kebiasaan lain yang diamati Juna adalah memilih restoran berdasarkan siapa yang punya dan selebriti mana yang sering nongkrong di tempat itu. Sehingga orang yang ke sana hanya untuk nongkrong bukan untuk makan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X