Kompas.com - 23/06/2017, 11:37 WIB
Membersihkan jas PaulBiryukovMembersihkan jas
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

Jas adalah salah satu pakaian pria yang paling mahal dibanding busana lain. Namun beberapa orang masih memperlakukan jas-nya dengan tidak tepat.

Beberapa pria misalnya, meletakkan jasnya di kursi sehabis dipakai, menggantungnya tanpa hanger, atau melipatnya dan memasukkan dalam tas. Namun kesalahan terbesar yang dilakukan terhadap jas adalah mencucinya dengan mesin cuci atau melakukan dry clean terlalu sering.

Bahan kimia dalam proses dry clean bisa merusak serat wool atau katun, sehingga membuatnya tipis dan lemah. Semakin lama, bagian yang sering terlipat seperti kerah dan siku akan rusak.

Memang dry clean adalah cara paling efektif untuk membersihkan jas dari kotoran yang menempel. Namun seringkali jas tidaklah terlalu kotor sehingga tidak perlu dimasukkan ke jasa dry clean.

Sebenarnya untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel setelah dipakai seharian, kita cukup menyikatnya. Gantung jas dan sapu dengan sikat berbulu lembut. Ini akan membersihkan jas dari debu sebelum ia menempel lebih kuat.

ScofieldZa Bersihkan jas dengan sikat lembut
Dengan menyikatnya setiap habis dipakai, jas sebenarnya hanya perlu dibersihkan dengan proses dry clean dua kali setahun. Beberapa orang menyarankan dry clean hanya sebelum ia disimpan untuk musim berikutnya, ini berarti sekali setahun.

Namun bagi mereka yang tidak punya banyak jas, sehingga lebih sering mengenakannya, misalnya satu atau dua kali seminggu, maka membersihkan lewat dry clean dua kali setiap tahun sudah cukup membuatnya bersih dan tetap awet.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, kita sebaiknya menggantung jas dengan hanger sehabis dipakai dan membiarkannya setidaknya sehari sebelum dipakai kembali. Ini perlu untuk membiarkannya memulihkan dan menghilangkan kusut secara alami.

vadimguzhva Menggantung jas
Bila jas terlalu kusut, maka kita bisa merapikannya dengan uap sebelum dipakai. Kita bisa menggantungnya lalu menggunakan steamer portabel atau memakai setrika untuk menghembuskan  uap. Pastikan juga mengatur suhunya agar tidak terlalu panas.

Bila lipatan-lipatan celana jas Anda menjadi kendur, kita juga bisa menggosoknya dengan setrika tapi pastikan pada suhu yang tidak terlalu panas.

Selain itu simpan jas dengan cukup jarak di antaranya, jangan terlalu berdesakan. Bila punya, Anda bisa memasukkannya dalam sarung jas saat menyimpannya. Dengan begitu jas Anda akan tetap bagus dan awet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.