Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/06/2017, 21:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber Esquire

Banyak pria yang takut dianggap tidak jantan karena merasa durasi bercintanya kurang lama. Padahal, rata-rata durasi berhubungan seks pria ternyata tidak selama yang dipikirkan banyak orang.

Menurut sebuah studi tahun 2008, penetrasi seksual dianggap "memadai" jika mampu bertahan sekitar 3-7 menit. Sementara itu durasi 7-13 menit dianggap sebagai "ideal" atau "paling diinginkan" saat berhubungan seks. Durasi itu belum termasuk pemanasan.

Hasil data tersebut diambil dari hasil kuesioner yang diisi oleh pasien yang melakukan terapi masalah seksual di Kanada dan Amerika Serikat.

Secara statistik, studi tahun 2005 menyimpulkan seks rata-rata berlangsung 5,4 menit. Menurut data tersebut, durasi itu belum termasuk foreplay, orgasme perempuan, atau pasangan non-heteroseksual.

Menurut laporan penelitian tahun 1948, rata-rata pria Amerika ejakulasi dalam dua menit setelah penetrasi.

"Hanya sedikit orang yang melakukan penetrasi seksual lebih lama dari 12 menit," kata Barry W.McCarthy, terapis seks.

Menurut dia, sebenarnya kita bisa memperpanjang durasi bercinta dengan melakukan teknik-teknik seksual yang disebutnya dengan "seks non-penetrasi".

Anda juga bisa mencoba beberapa kali berganti posisi dan melakukan variasi kecepatan dan pola penetrasi. Bila dilakukan secara teratur, Anda mungkin bisa mencapai waktu sampai 18 menit penetrasi.

Meski banyak pria ingin dianggap "perkasa" karena mampu berhubungan seks lama, sebenarnya para wanita menganggap penetrasi yang berlangsung lebih dari 13 menit terlalu lama. Yang terpenting sebenarnya adalah sesi pemanasannya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Esquire
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com