Kompas.com - 25/06/2017, 05:00 WIB
Ilustrasi retaknya hubungan LittleBee80Ilustrasi retaknya hubungan
|
EditorKurniasih Budi

KOMPAS.com - Tak ada gading yang tak retak. Seperti itulah hubungan kekeluargaan maupun persahabatan dapat renggang kapan pun. Penyebabnya bisa beraneka ragam, kesalahpahaman kecil pun bisa merenggangkan relasi.

Sebetulnya, masih ada harapan untuk merekatkan kembali tali silaturahim yang retak. Momen Lebaran menjadi momen yang tepat untuk memulihkan hubungan.

Seperti dikutip dari bustle.com, berikut beberapa cara praktis untuk memperbaiki hubungan yang retak dengan keluarga atau sahabat.

1.  Mulailah kembali dengan percakapan ringan

Jika Anda dan kerabat tak saling berbicara dalam jangka waktu tertentu, ada kiat untuk memecahkan kebekuan itu tanpa menjadi canggung.

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberitahu kerabat Anda bahwa inilah saatnya untuk melupakan segala kenangan buruk di masa lalu.

Beri tahu kerabat Anda, "Saya tahu sudah sekian lama sejak kita terakhir berbincang," atau "Saya meminta maaf atas segala kesalahan yang mungkin diperbuat di masa lalu."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak masalah apabila Anda yang mengakui kesalahan, meskipun mungkin bukan Anda yang menjadi penyebab keretakan hubungan itu. Beranilah untuk bertindak lebih dahulu, terlebih dalam momen yang indah seperti Idul Fitri ini.

2.  Tataplah masa depan

Sebelum Anda dapat memikirkan masa depan dengan kerabat tersebut, Anda perlu memastikan masa lalu adalah betul-betul masa lalu. Hapuslah segala permasalahan di masa lalu itu dan bukalah lembaran baru kehidupan.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.