Seberapa Sering Sebaiknya Pria Mengalami Ejakulasi?

Kompas.com - 26/06/2017, 21:18 WIB
Ilustrasi ejakulasi BlackApertureIlustrasi ejakulasi
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

Ejakulasi bukan hanya memberi kenikmatan, namun juga manfaat untuk kesehatan. Itulah mengapa para peneliti mengatakan kunci kesehatan prostat ada dalam genggaman Anda. Pasalnya, menurut riset yang dilakukan Boston University of Public Health, risiko kanker prostat bisa dikurangi lewat ejakulasi dengan frukuensi teratur.

Dalam riset itu peneliti menguji 32.000 pria dari tahun 1992 hingga 2010 untuk mencari tahu bagaimana frekuensi ejakulasi mempengaruhi risiko munculnya kanker prostat dalam jangkan waktu 18 tahun.

Mereka menemukan bahwa pria berusia 20 hingga 29 tahun yang mengalami ejakulasi 21 kali atau lebih setiap bulan, memiliki kemungkinan terkena kanker prostat 19 persen lebih kecil dibanding mereka yang kurang sering ejakulasi, misalnya hanya 4 hingga 7 kali per bulan.

Tidak hanya mereka yang berusia muda, pria berusia 40 hingga 49 tahun yang mengalami setidaknya 21 ejakulasi tiap bulan, juga memperoleh manfaat penurunan risiko terkena kanker prostat hingga 22 persen.

“Meski diperlukan lebih banyak penelitian untuk mencari tahu penyebab hubungan tersebut, namun diduga seringnya kita membersihkan prostat (melalui ejakulasi) bisa memotong kemungkinan munculnya kanker di sana,” ujar peneliti Jennifer R. Rider, Sc.D., M.P.H.

Baca juga: Berapa Lama Kita Seharusnya Tahan dalam Bercinta?

Sebelumnya, penelitian di Australia terhadap 2.338 pria mendapati bahwa mereka yang rata-rata mengalami ejakulasi antara 4,6 hingga 7 kali seminggu lebih kecil 36 persen kemungkinannya didiagnosa terkena kanker prostat dibanding mereka yang ejakulasi rata-rata hanya 2,3 kali seminggu.

Bagaimana bila frekuensi ejakulasi seseorang lebih banyak dari 21 kali sebulan? Menurut Jennifer, hal itu bukan masalah karena semakin sering ejakulasi, akan memberi pengaruh baik pada kesehatan prostat.

Selain itu, apakah Anda mengalami ejakulasi dengan bercinta dengan pasangan, lewat mimpi basah,  atau melalui masturbasi, manfaatnya terhadap kesehatan prostat tidak berbeda.

“Frekuensi ejakulasi ini, pada beberapa bagian bisa menjadi ukuran kesehatan pria. Mereka yang mengalami sedikit ejakulasi, misalnya hanya 3 kali sebulan, juga lebih cenderung memiliki masalah kesehatan lain di samping kanker prostat,” kata Jennifer.

Baca: Efek Samping yang Terjadi pada Pria Setelah Ejakulasi

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber menshealth
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X