Kompas.com - 28/06/2017, 13:23 WIB
|
EditorWisnubrata

Apakah Anda seorang pelari maraton berpengalaman atau pemula, memahami efek fisiologis berlari pada tubuh Anda adalah sangat penting. Berikut adalah hal-hal yang bisa terjadi saat kita berlari:

1. Sistem pencernaan

Sakit perut atau kram merupakan masalah umum bagi pelari. Ini karena tubuh kita menggerakkan darah ke arah otot kita dan menjauh dari usus. Akibatnya, sistem pencernaan makanan mulai melambat. Ini juga merupakan alasan mengapa kita sebaiknya tidak makan besar sebelum berlari. Pilih makanan ringan seperti buah dan sandwich yang mudah untuk dicerna.

2. Otak

Saat berlari, kita kadang-kadang merasa nyaman seperti melayang. Pasalnya berlari jarak jauh memicu pelepasan endorfin, zat kimia di otak yang menghasilkan perasaan euforia, dan bahkan membuat tubuh Anda merasa kebal terhadap rasa sakit.

Neurotransmiter lainnya termasuk dopamin, merangsang munculnya perasaan senang, sementara serotonin membuat suasana hati lebih baik. Faktor-faktor ini kemungkinan besar memberi efek baik saat seseorang berlari, seperti mengurangi gejala stres, kecemasan dan depresi.

3. Kehilangan lemak

Secara umum, jumlah energi atau kalori yang masuk dan keluar menentukan berat badan kita. Berlari bisa menciptakan defisit kalori dan kehilangan lemak melalui pengeluaran energi. Berdasarkan alat pengukur pembakaran energi, jika berat Anda 65 kilogram dan Anda berlari dengan kecepatan 6,5 kilometer per jam, Anda bisa membakar sekitar 130 kalori dalam 20 menit.

Berlari juga memperkuat tulang dan otot serta membantu metabolisme, namun pada titik tertentu, kita tidak dapat membangun otot hanya dengan berlari. Untuk itu diperlukan latihan lain seperti latihan beban untuk mendapatkan otot yang diinginkan.

Baca: Berlari Satu Jam dalam Seminggu Bisa Perpanjang Usia

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.