Ini 5 Jurus Redakan Stres saat Macet Arus Balik!

Kompas.com - 29/06/2017, 16:00 WIB
Ilustrasi macet chat9780Ilustrasi macet
|
EditorKurniasih Budi

KOMPAS.com - Kemacetan lalu lintas saat mudik merupakan sumber stres, kemarahan, serta kegelisahan. Apalagi, jika kemacetan itu tak diketahui sejauh apa parahnya. Anda pun hanya dapat pasrah terbelenggu di tengah kemacetan.

Sebagaimana dilansir dari laman Psychology Today, ada sejumlah hal yang sesungguhnya dapat Anda lakukan agar tidak stres atau frustrasi saat terjebak macet. Berikut tips untuk Anda:

Pertama, tarik napas, buang napas, dan ulangi.

Saat Anda mulai mencengkeram roda kemudi, tariklah napas dalam-dalam. Ini merupakan teknik jitu untuk relaksasi saat terjebak macet. Lebih penting lagi, teknik ini cukup sederhana untuk dilakukan di balik kemudi.

Kedua, berpikir positif.

Alih-alih memikirkan kemacetan lalu lintas sebagai penghalang untuk mencapai tujuan Anda, katakanlah pada diri sendiri bahwa Anda akan mencoba menikmatinya.

Tanamkan pada benak, mungkin inilah waktu istirahat Anda dari pekerjaan atau kesempatan emas untuk mendengarkan acara radio favorit Anda.

Ketiga, abaikan faktor pemicu marah

Memang, rasanya sulit untuk menghilangkan setiap emosi kemarahan saat macet. Namun, cobalah untuk meredakannya.

Jika Anda merasa jengkel saat pengemudi memotong Anda di tengah semrawutnya lalu lintas, jangan jadikan itu masalah besar. Terimalah dengan lapang dada dan mulailah mengalihkan pikiran. Ini akan membantu Anda menghentikan amarah terhadap perilaku pengemudi lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X