Terkuak...Ini Alasan Renang Jadi Olahraga Terbaik Bagi Tubuh

Kompas.com - 01/07/2017, 14:00 WIB
Perenang profesional baru saja meluncur dari atas kolam untuk berenang. Jacob Ammentorp LundPerenang profesional baru saja meluncur dari atas kolam untuk berenang.
|
EditorKurniasih Budi


KOMPAS.com
- Kalau ditanya apa olahraga favorit Anda? Pasti setiap orang punya jawaban yang berbeda-beda. Ada yang suka olahraga permainan, atletik, bela diri, atau mungkin olahraga ekstrem seperti panjat tebing. Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya renang adalah olahraga terbaik bagi tubuh?

Seperti dimuat huffingtonpost.com pada Kamis (17/3/2016), renang dinobatkan sebagai olahraga terbaik untuk tubuh. Alasannya karena olahraga yang dipertandingkan dalam Olimpiade ini memberikan banyak manfaat positif bagi manusia.

Pertama, media air menenangkan. Dari sejak lama air telah dikenal sebagai simbol pembaharuan dan pembersihan bagi manusia, ini pun telah banyak dijelaskan oleh banyak penelitian.

Bahkan studi menunjukkan berada di sekitar elemen air dapat memberikan efek kuat kepada otak.

Menurut ahli biologi kelautan Wallace J.Nichols’s , otak di kepala kita bereaksi terhadap air dengan sangat baik karena nenek moyang purba manusia berasal dari air dan berevolusi dengan berenang sebelum merangkak dan berjalan.

“Pada tahap awal perkembangan manusia, janin kita masih memiliki struktur celah insang dan air di sel kita hampir sama dengan yang ditemukan di laut “ ujar Nichols dalam buku Blue Mind: The Surprising Science That Shows How Being Near, In , On, Or Under Water Can Make You Happier, Healthier, More Connected, And Better At What You Do.

Hubungan biologis dengan air itulah, menurut Nichols, yang memicu respons segera di otak manusia dengan elemen air. 

Kedua, minim cedera. Tidak seperti latihan jogging dan plyometric—salah satu jenis latihan yang menggunakan gerakan—gerakan eksplosif untuk mengembangkan kekuatan otot, berenang bisa menjadi latihan kardio yang dapat dikombinasikan dengan olahraga lain tanpa memberikan tekanan berlebihan ke tulang, sendi dan otot.

Monkey Business Images Ltd Olahraga renang bagus untuk semua tingkat usia

Itulah mengapa renang adalah olahraga terbaik bagi semua jenis usia dan tubuh manusia. Bahkan, olahraga ini bermanfaat pula bagi manula terutama untuk yang penderita arthritis--peradangan tulang sendi.

Tidak hanya itu, berenang adalah satu cara terbaik untuk membuat semua bagian tubuh tetap aktif bekerja sehingga baik untuk menjaga bentuk tubuh.

Ketiga, membawa lebih dekat ke alam. Bila Anda cukup beruntung untuk tinggal di dekat laut atau danau, memilih berenang di alam terbuka akan sangat baik bagi kesehatan Anda.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X