Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagian Tubuh yang Rentan Kerusakan akibat Sinar Matahari

Kompas.com - 01/07/2017, 16:10 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Berjemur di pantai atau gunung merupakan agenda wajib saat berlibur seperti sekarang. Namun, jangan terlalu lama agar kulit tidak gosong. Paparan sinar matahari yang terlalu lama bisa berbahaya bagi kulit.

Area tubuh yang paling banyak terpapar sinar matahari adalah kepala dan leher. Di Amerika Serikat, kanker kulit juga paling banyak ditemukan pada dua area tubuh tersebut.

"Area lain yang juga rentan adalah dahi, bibir, dan telinga, bagian tubuh yang sering lupa dipakaikan tabir surya," kata Orit Markowitz, dokter dermatologi dari Ichan School of Medicine.

Paparan sinar matahari yang sering dianggap remeh adalah yang sifatnya sebentar namun sering sehingga berakumulasi. Berbeda dengan saat ke pantai biasanya kita langsung memakai tabir surya atau topi.

"Banyak orang juga tidak menaruh perhatian pada bagian dada dan pundak," kata Jennifer A.Stein, ahli dermatologi dari NYU Langone seperti dikutip HuffPost.

Stein menjelaskan, area dada memiliki kulit yang mirip dengan bagian wajah. Itu sebabnya jika sering terpapar sinar matahari kulit di bagian dada juga paling cepat keriput.

Menurut Stein, ada beberapa cara efektif untuk mencegah bahaya sinar matahari, misalnya saja memakai tabir surya, berteduh, dan menghindari sinar matahari di siang hari.

"Memakai pakaian yang tepat juga penting karena memiliki efek perlindungan lebih baik dari tabir surya, terutama di bagian pundak dan dada," kata Stein.

Pakaian renang yang menutupi bagian dada dan pundak juga lebih disarankan jika ingin berenang lama di bawah sinar matahari.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com