5 "Selfie" yang Membuat Sejarah

Kompas.com - 01/07/2017, 21:00 WIB
Lukisan karya Diego Velazquez tahun 1656. The GuardianLukisan karya Diego Velazquez tahun 1656.
|
EditorLusia Kus Anna

Kata " Selfie" memang baru ada sekitar tahun 2002, tetapi ide melakukan swafoto sebenarnya sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Sudah banyak seniman dan fotografer yang melakukannya.

Menurut majalah TIME, paling tidak ada 5 foto " selfie" yang menyejarah.

1. Las Meninas oleh Diego Velazquez
Satu abad sebelum berfoto di cermin menjadi teknik selfie yang banyak disukai, pelukis dari Spanyol Diego Velazques membuat dirinya menjadi pusat perhatian dalam lukisan berjudul Las Minenas.

Dalam lukisan yang dibuat pada tahun 1656 ini, Velazques melukis keluarga raja Spanyol. Gambar raja dan ratu terpantul di cermin agak di belakang, sementara anak perempuan mereka di tengah, dan sang seniman sendiri menatap langsung ke penonton.

The Guardian Rembrandt van Rijn melukis dirinya dalam Self-Potrait with Two Circles.
2. Foto diri Rembrandt's
Beberapa tahun setelah Velazquez memasukkan dirinya dalam lukisan, seniman besar dari Belanda Rembrandt van Rijn melukis dirinya dalam "Self-Potrait with Two Circles."

Menurut Nigel Hurst, CEO Saatchi Galery yang melakukan pameran selfie, Rembrandt memiliki beberapa foto diri yang dibuatnya dalam dua dekade. "Itu untuk membuatnya tetap sibuk dan karena ia merasa kagum dengan proses penuaan," katanya.

TIME Selfie pertama yang dilakukan di AS adalah foto Robert Cornelius, fotografer asal Philadelphia.
3. Selfie pertama di Amerika
Ada banyak pendapat mengenai selfie pertama di Amerika, tetapi Library of Congress percaya bahwa selfie pertama yang dilakukan di AS adalah foto Robert Cornelius, fotografer asal Philadelphia. Foto itu diambil di halaman belakang toko milik orangtuanya di tahun 1839.

4. Selfie pertama di luar angkasa
Astronot Buzz Aldrin mengambil foto dirinya saat merekam spacewalk (aktivitas fisik di luar pesawat luar angkasa) saat misi Gemini 12 tahun 1966. Beberapa tahun sebelum ia menjadi orang kedua yang berjalan di bulan. Foto itu dianggap sebagai selfie pertama yang dilakukan manusia di luar angkasa.

5. Selfie paling populer
Manakah selfie yang paling populer? Ada beberapa yang masuk dalam kategori ini, tetapi swafoto yang dilakukan beberapa selebriti dalam satu foto adalah milik Ellen DeGeneres.

TWITTER Foto selfie para selebriti yang diunggah Ellen Degeneres di akun Twitter-nya saat menghadiri Oscar 2014.
Ia melakukan selfie saat membawakan acara Piala Oscar tahun 2014. Selfie-nya bersama bintang-bintang ternama ini menjadi tweet yang paling banyak di-retweet dalam sejarah, yakni lebih dari 3.5 juta. Rekor itu dilampui tahun 2017, tetapi bukan oleh selfie.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X