Anak Pintar Hidup Lebih Lama

Kompas.com - 02/07/2017, 08:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Umumnya, anak yang paling pintar tidak terlalu populer di sekolah. Bahkan, anak-anak pintar ini sering kali disebut dengan istilah kutu buku. Sebab, mereka lebih sering menghabiskan waktu untuk belajar, membaca buku, dan menghapal.

Nah, apabila Anda saat masih bersekolah dulu tergolong anak pintar, maka hasil studi dari Edinburgh University, Oxford, dan University College London ini menjadi kabar bahagia untuk Anda.

Studi tersebut menyebutkan, mereka yang semasa kecil memiliki IQ (Intelligence Quotient) tinggi ditemukan berusia panjang ketimbang pemilik IQ standar atau biasa-biasa saja.

Studi yang dirilis oleh BMJ Journal ini berdasarkan survei terhadap 75.252 pria dan wanita yang lahir pda tahun 1936.

Semua responden tersebut telah berpartisipasi dalam uji IQ dengan standar internasional pada tahun 1974.

Peneliti mengonfirmasi bahwa 25.979 responden meninggal pada tahun 2015 dan 30.464 masih hidup di tahun 2017.

Ternyata, mereka yang meninggal pada tahun 2015 dan masih hidup hingga tahun ini memiliki skor IQ tinggi saat usia 11 tahun.

Selain itu, peneliti juga menemukan responden yang memiliki IQ tinggi yang telah meninggal tidak menderita penyakit jantung, stroke, gangguan pernapasan, kanker perut, dan kanker paru-paru saat usia mencapai 79 tahun.

Kesimpulannya, peneliti menuliskan bahwa responden dengan IQ 115, lebih kurang 28 persen masih hidup hingga usia 76 tahun, tetapi responden dengan IQ di bawah 100 telah meninggal sebelum 70 tahun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Newsweek
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X