Setelah Putus Cinta, Perlukah Mengganti "Password" Akun Media Sosial?

Kompas.com - 03/07/2017, 07:16 WIB
Ilustrasi putus cinta SHUTTERSTOCKIlustrasi putus cinta
|
EditorLusia Kus Anna

Putus cinta bisa mengacaukan hidup kita yang semula tenang dan bahagia. Kekacauan itu mungkin akan bertambah besar mengingat kita hidup di era yang terikat erat dengan dunia maya.

Agar kita lebih mudah melalui momen patah hati, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yang pertama adalah mengubah kata sandi (password) Anda. Walau Anda tak termasuk pasangan yang saling berbagi kata sandi, namun kemungkinan besar Anda bisa masuk ke akun aplikasi internet mantan atau sebaliknya.

Anda mungkin pernah mendengar cerita teman yang mengalami "kejadian horor" dari mantan kekasih yang tidak puas dan menyebabkan malapetaka di akun media sosial.

Seperti kisah seorang mantan pacar yang dendam dan mengirimi email kepada semua orang di kantor mantan suaminya, salah satunya soal berisi rahasia seks dan obat-obatan.

Setelah hubungan berakhir, jujur saja aktivitas memata-matai kegiatan mantan pasangan melalui akun media sosialnya jadi meningkat. Beberapa juga ada yang nekat mengunggah status atau foto yang tidak pantas di akun mantan kekasih.

Perasaan berduka dan tidak adanya kontrol diri biasanya jadi penyebab mereka melakukannya.

Dalam situs komunitas terbesar, Reddit, ada banyak cerita mengenai "kegilaan" seseorang ketika patah hati.  Salah satu pengguna situs ini bercerita tahu banyak informasi tentang seorang gadis yang didekati oleh mantan pacarnya karena dengan bebas ia mengakses akun email dan media sosial mantannya itu.

Pengakuan jujur itu mendapat banyak komentar yang juga memiliki pengalaman serupa. "Pada satu titik, saya bahkan memintanya untuk mengganti kata sandinya, jadi saya tidak perlu melawan dorongan untuk mengintip," tulis salah seorang pengguna Reddit lain.

Seorang pengguna Reddit lainnya menyatakan sikap tak peduli apakah mantannya mengakses akun media sosialnya. "Mantan saya memiliki kata sandi saya—setiap akun yang saya miliki, sebenarnya ini adalah nama anjingnya. Saya tidak mengubah kata sandi saya, karena saya tidak peduli jika dia melihat pesan saya ke gadis, teman, dan lain-lain. "

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber nypost.com
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X