Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2017, 12:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Usia yang terus bertambah seharusnya bukan halangan untuk menikmati seks yang memuaskan. Malah, menurut survei terhadap 2000 orang berusia 45-80 tahun terungkap bahwa 43 persen responden mengatakan hasrat seksual mereka berada pada level "moderat hingga sangat tinggi."

Jika Anda juga bercita-cita ingin memiliki kehidupan seks yang aktif sampai tua, simak tips dari Debby Herbenick, PhD, penulis "Because It Feels Good: A Woman’s Guide to Sexual Pleasure and Satisfaction."

1. Lindungi jantung

Bukan secara emosional, tapi secara harfiah. Dengan kata lain, jangan merokok, lakukan olahraga secara teratur, dan berusahalah untuk mengonsumsi banyak buah dan sayuran segar, biji-bijian, dan protein tanpa lemak (mulailah dengan cara mudah ini untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda).

"Fungsi seksual terkait dengan sistem kardiovaskular," kata Herbenick. "Misalnya, fungsi ereksi, lubrication, dan gairah seksual, semuanya bergantung pada aliran darah yang sehat. Dengan menjaga jantung tetap sehat dan memompa kuat, akan melakukan keajaiban untuk kehidupan seks jangka panjang."

2. Tetap fleksibel

Jadikan latihan peregangan sebagai bagian dari rutinitas untuk menjaga jantung sehat. "Jika Anda tidak menjaga fleksibilitas dengan peregangan, Anda mungkin akan mendapati posisi seksual jadi terbatas karena kekakuan—dan rasa sakit sendi yang menjauhkan Anda dari kesenangan—seiring bertambahnya usia," jelas Herbenick.

3. Pillow talk

Rutinitas berbincang intim sebelum tidur bisa diperluas bukan hanya membicarakan topik seputar pekerjaan atau anak, tapi juga membicarakan kehidupan seks. Pada saat pillow talk, biasanya kita dan pasangan lebih rileks sehingga juga lebih terbuka bicara berbagai hal, termasuk menyampaikan apa yang Anda dan pasangan inginkan di tempat tidur.

"Beberapa pasangan sama sekali menghindari topik terkait masalah seks," kata Herbenick. Padahal, pasti akan ada saat Anda dan pasangan mengalami penurunan gairah seksual, misalnya karena sakit, stres, atau baru memiliki anak.

4. Kenali tubuh Anda

Anda mungkin perlu bereksperimen sedikit untuk mengetahui apa yang membuat lebih mudah mencapai puncak kepuasan seksual atau orgasme. Herbenick merekomendasikan menggunakan tangan atau mainan seks untuk menjelajahi tubuh Anda sendiri dan mengidentifikasi, khususnya, jenis sentuhan atau rangsangan apa yang disukai.

5. Tetap dekat secara emosional

Kedekatan emosional merupakan fondasi bagi keintiman fisik. "Seiring bertambahnya usia, pria dan wanita sering mengalami penurunan gairah atau ada masalah seksual. Namun, pasangan yang memperhatikan keintiman emosional biasanya tetap memiliki kepuasan seksual yang tinggi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com