Kompas.com - 03/07/2017, 13:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

Menyusui bayi idealnya dilakukan sejak bayi lahir sampai ia berusia dua tahun. Namun, tak sedikit ibu yang memilih melanjutkan pemberian ASI setelah anak berumur dua tahun karena berbagai alasan.

Padahal, memilih menyusui bayi berusia lebih dari dua tahun tidak disarankan. Salah satu alasannya adalah meningkatkan resiko masalah gigi berlubang saat anak berusia lima tahun. Hal itu terlepas dari berapa kandungan gula pada makanan mereka setiap hari selain ASI.

Untuk mengetahui pengaruh pemberian ASI berkepanjangan pada gigi anak-anak, Karen Glazer Peres dari University of Adelaide di Australia dan rekannya menganalisa data 1.129 anak yang lahir pada tahun 2004 di Pelotas, Brasil.

Menurut laporan yang dimuat dalam jurnal Pediatrics, pada usia 5 tahun hampir 24 persen anak-anak memiliki karies anak usia dini parah dengan enam atau lebih permukaan gigi yang rusak, entah itu hilang atau rusak secara penuh. Selain itu, hampir separuh anak setidaknya memiliki satu permukaan gigi yang rusak.

Anak-anak yang menyusui lebih dari dua tahun, memiliki jumlah lubang yang lebih tinggi. Resiko mereka mengalami karies parah juga 2,4 kali lebih tinggi.

Menyusui bayi saat gigi mereka sudah hampir lengkap bisa mencegah saliva mencapai gigi. Padahal, saliva memiliki fungsi memecah bakteri. Para ibu juga disarankan untuk tidak menyusui bayi semalaman.

Untuk mencegah gigi berlubang pada bayi, dianjurkan untuk memeriksakan gigi anak ke dokter saat giginya mulai banyak di usia setahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, proses berhentinya bayi menyusui (menyapih) seharusnya tidak dilakukan dengan paksaan. Para ahli juga menyarankan agar proses penyapihan dilakukan dengan penuh kasih sayang agar anak lebih percaya diri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber nypost.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.