Kompas.com - 04/07/2017, 12:52 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kita semua suka berlibur; bersenang-senang dan mengalami pengalaman baru. Tetapi, jika sepulang liburan kita justru merasa malas bekerja, maka tujuan berlibur justru tak tercapai.

Para ahli psikologi menamakan kondisi itu sebagai "post-holiday blues". Gejalanya antara lain rasa malas melakukan aktivitas rutin, susah tidur, atau malah sedih berkepanjangan.

Ada beberapa penyebab rasa galau dan uring-uringan itu justru timbul sepulang liburan. Rasa bersalah karena menghabiskan banyak uang untuk berlibur dan juga persiapan panjang untuk melakukan liburan itu bisa jadi pemicunya.

Perasaan kesal karena jadwal penerbangan terlambat, anak-anak yang rewel di kota tujuan, atau pun kejadian tidak mengenakkan lainnya, bisa menumpuk dan kembali muncul ketika kita kembali ke rutinitas harian.

Cegah depresi

Mengambil jeda sejenak untuk berlibur sejatinya memiliki banyak manfaat, termasuk mencegah depresi.

Mendatangi tempat baru, mencicipi makanan baru, dan juga hampir 24 jam selalu bersama orang-orang tercinta, bisa mengisi ulang "baterai" semangat kita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Howard Tinsley, PhD, profesor psikologi dari Southern Illinois University, berlibur adalah elemen penting dalam kebahagiaan.

"Berlibur juga mengembalikan semangat spontanitas dan ekspresi diri. Kegiatan ini membuat kita mampu mengontrol hal-hal yang menyenangkan," katanya.

Saat kita berlibur, akan ada peningkatan jumlah dua neurotransmiter otak, yakni dopamin dan serotonin. Kedua hormon ini berpengaruh pada mood dan depresi.

Halaman:


Sumber WEBMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.