Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/07/2017, 22:22 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Sumber Knowridge

KOMPAS.com -  Jika Anda menghadapi masalah tulang belakang terus menerus, ada baiknya memastikan bahwa kebiasaan sehari-hari Anda ramah terhadap tulang belakang.

Ketika Anda menyelesaikan pekerjaan rutinitas seperti membersihkan rumah, kerja di depan meja, mengemudi, berkebun, bahkan tidur—Anda bisa memberikan ‘nafas’ kepada tulang belakang. Anda bisa membuat tulang belakang nyaman dengan 4 cara ini:

1. Pilih posisi duduk yang baik

Kursi kantor Anda seharusnya memberikan dukungan yang baik bagi tulang belakang Anda—idealnya, dengan bagian belakang yang bisa disesuaikan, ada penopang lumbal (pinggang), penopang lengan untuk istirahat, dan roda. Atur ruang kerja sehingga Anda tak perlu memutar pinggang untuk mengambil sesuatu.

2. Tas ringan

Jangan terlalu banyak memuat barang atau berkas dalam tas Anda. Semakin banyak beban pada tas, terutama tas punggung, membuat tulang belakang Anda lebih keras bekerja karena menahan beban.

3. Perhatikan posisi saat berkendara

Duduklah di tempat duduk Anda dan, jika perlu, gunakan selimut gulung atau handuk untuk menahan belakang punggung bawah Anda. Sesekali Anda perlu bergeser untuk meregangkan.

Jika Anda memiliki cruise control, gunakan saat Anda bisa. Cruise control adalah fitur di mobil yang mampu secara otomatis mengelola kecepatan mobil. Jika sistem ini diaktifkan, mobil Anda dapat berjalan secara konstan sesuai dengan kecepatan yang Anda set. Pertimbangkan juga menggunakan bantalan busa untuk meredakan beberapa getaran. Saat berkendara jauh, sering istirahat untuk meregangkan tubuh.

4. Tidur sejajar

Ambillah posisi tidur menyamping dengan lutut ditekuk dan ditarik sedikit ke arah dada Anda. Bantal harus menjaga agar kepala Anda sejajar dengan tulang belakang —Anda tidak ingin kepala Anda disangga terlalu tinggi. Pilih kasur yang cukup kuat untuk menopang tulang belakang Anda.

Baca: 5 Cara Menghindari Sakit Pinggang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Knowridge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com