Kompas.com - 06/07/2017, 13:18 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Gaya hidup Anda, apa yang dimakan dan minum serta bagaimana kita menjaga kebugaran tubuh akan mempengaruhi ingatan serta kesehatan fisik Anda. Tentu kita tidak ingin berumur panjang tapi sakit-sakitan dan pikun.

Tim ahli dari Harvard Medical School memberikan lima tips agar ingatan Anda tetap tajam serta tubuh selalu dalam kondisi bugar.

1. Kelola tingkat stres

Tekanan sehari-hari dan stres "kecil" seperti adu argumen dengan kolega atau kemacetan, bisa mempengaruhi fokus dan kemampuan ingatan. Bahkan bila masalah dibiarkan membesar maka yang terjadi adalah rasa cermas berlanjut dan bisa menyebabkan gangguan ingatan.

Siasati dengan mengelola stres Anda. Bersikap menerima hal-hal yang tidak bisa kita ubah adalah salah satunya. Melakukan Yoga, meditasi dan rileksasi cukup membantu.

2. Tidur berkualitas

Bila dibandingkan, orang yang tidurnya kurang berkualitas di malam hari cenderung lebih  pelupa dibandingkan dengan orang yang tidur nyenyak. Tidur yang berkualitas saat malam hari sangat baik untuk memperkuat ingatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kebanyakan orang menggantungkan diri pada obat-obatan untuk mengatasi insomnia, padahal dalam jangka panjang obat ini juga bisa mengganggu ingatan dan fungsi otak secara umum.

Itulah mengapa sebaiknya kita mencoba memperbaiki kebiasaan tidur terlebih dahulu sebelum beralih ke pengobatan. Selain itu, gunakan obat-obatan dalam pengawasan dokter dan gunakan dosis terendah untuk waktu sesingkat mungkin agar tidur Anda kembali normal.

3. Berhenti merokok

Halaman:


Sumber Knowridge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.