Kompas.com - 06/07/2017, 16:24 WIB
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Pernahkah Anda berpikir bahwa bir merupakan minuman sehat? Hal itu pasti bukanlah hal yang pertama kali muncul dalam benak, namun peneliti dari National University of Singapore (NUS), Singapura, sedang berusaha mengubahnya. Mereka mengembangkan bir ramah pencernaan yang berisi bakteri probiotik.

Gagasan mengembangkan minuman probiotik memang bukan barang baru. Di pasaran tersedia berbagai jenis yogurt, kombucha, dan kefir probiotik. Bahkan ada juga air kemasan yang ditambah probiotik dan dijual dengan label “menyehatkan.”

Meski probiotik banyak dicampurkan dalam berbagai minuman fermentasi, pada bir kasusnya berbeda. Pasalnya, asam dari hop bisa mencegah perkembangan dan kelangsungan hidup bakteri, ujar para peneliti.

Namun setelah melakukan sembilan bulan percobaan menumbuhkan probiotik di jaringan tersebut dan memodifikasi proses fermentasi, Alcine Chan, mahasiswa Teknologi Pangana NUS akhirnya mendapatkan apa yang mereka sebut sebagai resep ideal untuk menghasilkan probiotik hidup dalam bir.

Keberhasilan ini tidak lepas dari bakteri asam laktat yang berfungsi sebagai probiotik. Mereka menyantap gula dari bir yang belum terfermentasi dan menghasilkan asam laktat yang membuat bir terasa lebih tajam dengan kadar alkohol 3,5 persen.

Dalam artikel yang dimuat di Straitstimes.com Juni 2017, disebutkan bakteri itu adalah jenis Lactobacillus paracasei L26. Dalam penelitian terpisah, bakteri tersebut diketahui bisa memperbaiki fungsi pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Para peneliti ini juga sudah mendaftarkan paten untuk bir probiotik itu, meski tidak ada kabar kapan minuman itu akan diproduksi secara luas, dan belum ada penelitian apakah penggunaan bakteri itu juga memiliki efek peningkatan kekebalan tubuh bagi mereka yang meminumnya.

Baca: Prebiotik dan Probiotik, Ini Beda Manfaatnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber menshealth


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.