Kompas.com - 06/07/2017, 19:52 WIB
Ilustrasi hipertensi. thinkstockphotosIlustrasi hipertensi.
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Kebiasaan gaya hidup sehat dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Kebiasaan ini meliputi: makanan sehat, aktivitas fisik, menjaga berat badan, membatasi alkohol dan mengelola stres.

Untuk membantu membuat perubahan gaya hidup, cobalah melakukannya secara bertahap, mulai dari satu perubahan diikuti perubahan lain saat Anda merasa telah berhasil menerapkan perubahan sebelumnya.

Bila Anda mempraktikkan beberapa kebiasaan gaya hidup sehat, Anda cenderung akan bisa menurunkan tekanan darah atau mempertahankan tekanan darah menjadi normal. Gaya hidup sehat yang dianjurkan itu adalah:

1. Menyantap makanan sehat

Untuk membantu mengatasi tekanan darah tinggi, Anda dianjurkan untuk membatasi asupan sodium dan garam, meningkatkan potasium, dan mengonsumsi makanan yang sehat bagi jantung.

Beberapa makanan yang mengandung potasium tinggi seperti ubi bisa menjadi pilihan. Ubi mengandung setidaknya 694 miligram (mg) potasium dan hanya 131 kalori. Selain itu daun bit dan kacang panjang juga bisa menjadi alternatif bila suka sayur-sayuran.

Menu makanan untuk menghindari darah tinggi berisi buah-buahan, sayur-sayuran, gandum, dan makanan lain yang rendah lemak, kolesterol serta garam. Menu makanan ini juga sehat untuk jantung, bahkan untuk mereka yang tak memiliki riwayat tekanan darah tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca: Makanan Sehat yang Tidak Sehat

2. Batasi sodium dan garam

Makanan rendah sodium dapat membantu mengatasi tekanan darah Anda. Anda harus mencoba membatasi kandungan sodium yang dikonsumsi. Ini artinya, pilih dan persiapkan makanan yang rendah dalam sodium dan garam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Knowridge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.